Tengah Pandemi Himbara Gelar Lelang, Masing-masing Bank Tawarkan Harga Promo 

  • Bagikan
Para Pimpinan Bank di Sultra dalam Suasana Himbara Auction Day di Salah Satu Hotel Kendari, Rabu (12/8/2020) malam. (Foto: Wa Rifin/SULTRAKINI.COM). 

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Dalam rangka optimalisasi kinerja lelang, Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) di lingkup wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar Himbara Auction Day, Rabu (12/8/2020), di salah satu hotel Kendari secara virtual.

Beberapa bank yang terlibat yakni PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Kendari Samratulangi dan BRI By Pass, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Area Sultra, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Kendari, serta PT Bank Tabungan Negara (Persero) Cabang Kendari. 

Pimpinan Cabang BRI Kendari Samratulangi, Edy Muthalib, mengimbau masyarakat Sultra agar berinvestasi pada aset lelang bank Himbara. Katanya, Auction Day merupakan kesempatan yang tepat membeli aset lelang karena masing-masing bank menawarkan harga promo. 

“Untuk BRI Samratulangi sendiri menawarkan aset lelang yang ada di beberapa daerah seperti Kota Kendari, Konawe Selatan, dan Bombana. Aset-aset tersebut terletak di lokasi yang strategis,” kata Edy, Rabu (12/8/2020) malam.

Kemudian Pimpinan Cabang BRI Kendari Bypass, Rahmat Salim mengatakan, pembelian aset debitur BRI yang kreditnya bermasalah dapat dilakukan dalam dua cara yakni melalui lelang dan bawah tangan.

“Saat ini lelang dilakukan melalui online. Namun, calon pembeli tetap diperbolehkan untuk meninjau aset yang ditawarkan. Kami juga akan menyampaikan secara transparan tentang kondisi aset misalnya rumah,” ujarnya.

Sedangkan, Branch Manager BTN KC Kendari, Erik Budi Setiawan juga menyampaikan, aset-aset lelang dari Bank Himbara dapat menjadi peluang investasi yang menguntungkan di tengah pandemi saat ini. 

Melalui Auction Day ini, pihaknya menawarkan banyak aset di antaranya perumahan subsidi dan komersial. Aset lelang dari BTN sendiri cukup bervariasi seperti hotel, perumahan, tanah, hingga ruko.

“BTN memberikan akses kemudahan kepada para calon investor untuk membeli aset-aset nasabah bermasalah,” tambanya.

Sementara, Vice President Bank Mandiri Area Kendari, Rindra Setyawan menyebut, kemajuan digital telah membawa banyak memudahkan termasuk dalam proses lelang dengan tersedianya akses lelang online (e-Auction). 

“Saat ini khususnya dari Bank Mandiri, sudah menyiapkan aplikasi Mandiri Lelang yang di dalamnya berisi list agunan di seluruh Indonesia termasuk di Sultra. Aplikasi ini juga bisa diakses oleh selain nasabah Bank Mandiri,” ungkapnya. (C)

Laporan: Wa Rifin
Editor: Habiruddin Daen
g

  • Bagikan