Iklan Clarion

Tepat Hari Pahlawan, Gubernur Sultra Resmikan Pergantian Nama Jalan Boulevard

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Ali Mazi meresmikan pergantian nama Jalan Boulevard menjadi Jalan Komjen M. Yasin, Sabtu (10/11/2018). Acara peresmian pergantian nama jalan itu turut disaksikan sejumlah pejabat utama (PJU) Polda Sultra, Pemerintah Kota Kendari, dan tokoh adat Buton.

Pemberian nama jalan yang berasal dari tokoh pahwalan kepolisian Sultra itu pertama kali diinisiasi oleh Kapolda Sultra, Brigjen Pol Iriyanto.

“Saya sangat mengapresiasi gagasan yang diakukan oleh bapak Irjen Iriyanto, karena ini merupakan pertama kali dilakukan terhadap pemberian nama dari tokoh putra daerah Sultra,” ujar Alimazi dalam sambutannya, Sabtu (10/11/2018).

Menurutnya, pergantian nama jalan yang dilaksanakan bertepatan dengan hari pahlawan merupakan momentum bersejarah yang akan terus diingat oleh masyarakat Sultra.

“Kita ketahui bahwa Komjen M.Yasin merupakan sosok pahlawan kepolisian yang telah banyak berjasa pada negara Indonesia. Dalam sejarahnya, sosok beliau dikenal sebagai yang tangguh dan ditakuti lawannya pada massa penjajahan saat itu,” terangnya.

Untuk diketahui, Moehammad Yasin, lahir di Baubau, Sulawesi Tenggara pada 9 Juni 1920. Dia adalah tokoh Proklamasi Polisi Indonesia. DIa juga dikenal sebagai ‘Bapak Brimob Polri. Beliau meninggal pada 3 Mei 2012 diusianya 92 tahun dan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Laporan: Wayan Sukanta
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.