Teramesa Gelar Kelas Jurnalistik Berstandar Covid-19

Sebanyak 20 calon jurnalis dan jurnalis di Kota Kendari mengikuti kelas jurnalistik, sebagai wadah pelatihan untuk mendapatkan ilmu dan pengetahuan tentang dunia kewartawanan. Kegiatan ini megikuti standar protokol kesehatan Covid-19.

SULTRAKINI.COM: Teramesa Institute menyelanggarakan Kelas Jurnalistik Dasar diikuti 20 calon jurnalis dan jurnalis di Kota Kendari dengan memperhatikan  standar kesehatan Covid-19, Rabu (25 November 2020).

Peserta diwajibkan mencuci tangan menggunakan sabun dan disediakan masker sebelum masuk kelas. Selain itu, tempat duduk mereka diatur jaraknya sebagaimana disyaratkan dalam standar pencegahan penyebaran Covid-19.

Kelas jurnalistik itu menghadirkan 5 jurnalis senior di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) sebagai nara sumber, yakni Muhamad Djufri Rachim (Sultrakini.com), Milwan Lukman (LenteraSultra.com), Sarjono (Ketua PWI Sultra, Suwarjono (Fotografer LKBN Antara), dan Rustam (Direktur Utama TenggaraNews.com).

Djufri Rachim memaparkan teknik menulis berita dan memperkenalkan ragam berita pada media massa yang didahului dengan penjelasan soal perubahan paradigm media massa dengan kehadiran teknologi digital.

Selain itu, dia mengingatkan kepada calon jurnalis dan jurnalis yang telah menjalankan profesi jurnalis agar senantiasa bersikap independen. “Tidak memihak pada kelompok tertentu,” ujarnya.

Hal itu penting, karena bisnis media massa adalah bisnis kepercayaan sehingga setiap produk jurnalistik dapat memenuhi kebutuhan semua lapisan masyarakat, tanpa keberpihakan.

Sementara Milwan menjelaskan tentang manajemen isu berita dan tehnik wawancara. Materi ini mendapat perhatian peserta, terutama soal tehnik wawancara narasumber.

Kegiatan Kelas Jurnalistik Dasar disuport Tim Aku Sahabat Rakyat (ASR), tim ASLI Kendari, Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sulawesi Tenggara (Sultra) dan Telkomsel Indonesia.

“Atas nama panitia penyelenggara menyampaikan terima kasih atas suport yang diberikan, sehingga Kelas Jurnalistik Dasar bisa terselenggara,” kata Mirkas, Founder Teramesa Institute di salah satu hotel di Kota Kendari.

Event yang dimotori Teramesa Institute, turut didukung media partner Sultrakini.com, TenggaraNews.com, Kiatnews.id, Bursabisnis.id, Berkala.id, SorotSultra.com, Berikabar.id, SpiritSultra.id, KendariWebsite, InfoSultra.id, Parlemen.id, AnoaTimes.id dan Anadalo cetak.

Editor: M Djufri Rachim

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.