Terkait Corona, Berikut 11 Imbauan Bupati Kolaka

SULTRAKINI.COM: KOLAKA – Bupati Kolaka, Ahmad Safei mengeluarkan imbauan terkait pencegahan penyebaran virus Corona atau Covid-19. Imbauan tersebut sebanyak sebelas poin, salah satunya tidak panik dan melakukan aktivitas seperti biasa, namun tetap meningkatkan kewaspadaan.

Poin imbauan bupati Kolaka lainnya adalah sebagai berikut.

  1. Masyarakat Kolaka agar memakai masker dan memeriksakan diri ke rumah sakit/puskesmas terdekat bila terjadi gejala-gejala dari covid-19, yaitu demam, batuk, pilek, sakit tenggerokan, dan sesak napas.
  2. Semua masyarakat untuk tidak bepergian keluar daerah dan menghindari tempat berkumpul serta menjaga jarak kontak fisik (social distancing) dengan orang lain.
  3. Setiap orang yang akan masuk ke Kabupate Kolaka, Sulawesi Tenggara wajib diperiksa kesehatannya di Posko Tanggap Darurat Penanganan Covid-19 pada setiap pintu masuk wilayah Kolaka.
  4. Masyarakat diimbau membiasakan diri mencuci tangan dan menjaga kebersihan diri serta lingkungan. Termasuk mengkonsumsi buah-buahan, sayuran, rajin berolahraga, dan istirahat yang cukup.
  5. Pemilik/pengelola perkantoran, pusat perbelanjaan, pasar tradisional, hotel, tempat hiburan, restoran, tempat ibadah, fasilitas dan tempat-tempat umum lainnya agar menyediakan sarana cuci tangan berupa air mengalir dan sabun anti septik atau hand sanitizer serta thermometer infrared atau alat pengukur suhu tubuh.
  6. Semua tempat wisata dan bioskop dalam wilayah Kabupaten Kolaka untuk sementara waktu ditutup sampai kondisi penyebaran Covid-19 dapat dikendalikan.
  7. Pelaku usaha tidak diperkenangkan menimbun bahan pokok dan perbekalan alat kesehatan.
  8. Para pengurus masjid dan majelis gereja dan rumah ibadah lainnya agar memperhatikan dan meningkatkan kebersihan lingkungan. Serta tidak menggunakan karpet dan alas lantai lainnya.
  9. Masyarakat Kabupaten Kolaka agar senantiasa berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai agama dan kepercayaan masing-masing, agar terhindar dari segala bencana dan malapetaka.
  10. Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan dan informasi dapat menghubungi Call Center 112 dan 0853 3362 3866 Posko Covid-19 Kolaka, Provinsi Sulawesi Tenggara.
Imbauan Bupati Kolaka.

Sementara itu, juru bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kolaka, Muhammad Aris, berharap adanya kerja sama semua pihak pihak, termasuk masyarakat Kolaka untuk pencegahan penyebaran virus Corona yang sudah masuk di wilayah Sultra.

“Pencegahan penyebaran virus ini secara bersama kita kerja bahu-membahu. Kami sebagai paramedis dan tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kolaka berharap kerja sama masyarakat dengan cara mematuhi imbauan pemerintah,” ucap Muhammad Aris, Sabtu (21/3/2020).

Pemda Kolaka juga berharap, masyarakat yang masuk dalam kategori orang dalam pemantauan (ODP) untuk bisa mengikuti arahan dari paramedis.

Laporan: Suparman Sultan
Editor: Sarini Ido

beras pokea

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.