Terkait Kedatangan TKA, TNI AU Larang Wartawan Masuk Area Bandara Haluoleo

  • Bagikan
Bandara Haluoleo. (Foto: Ist)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – TNI Angkatan Udara melarang wartawan masuk ke area Bandara Haluoleo, Selasa (30/6/2020). Sejumlah wartawan elektronik, online maupun cetak dicegat oleh sejumlah TNI AU di Pos Penjagaan menuju bandara.

Menurut salah seorang TNI di Pos penjagaan menyatakan, tidak ada aktivitas di Bandara Haluoleo sehingga sedang disterilkan. Mereka pun meminta awak media memutar balik kendaraan.

“Kami belum ada arahan, tunggu saja, sebentar kami sampaikan,” ujar salah seorang TNI AU di Pos penjagaan.

Sejumlah jurnalis pun pulang dan batal melakukan peliputan kedatangan 105 TKA asal Tiongkok.

Jurnalis Zonasultra.com, Fadli Aksar menyayangkan sikap aparat terhadap wartawan yang hendak masuk ke dalam Bandara Haluoleo. Pasalnya, bandara merupakan fasilitas publik yang bisa diakses oleh siapa pun.

“Tujuan kami hanya ingin melakukan tugas peliputan sebagai jurnalis, bukan mengganggu keamanan dan ketertiban di bandara. Tugas kami pun dilindungi undang-undang,” ucap Fadli Aksar.

Kepala Penerangan dan Kepustakaan Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Haluoleo Sugiyono menyampaikan, wartawan tidak boleh masuk ke Bandara Haluoleo oleh pihak pengamanan. Namun, ia tak menyebut siapa yang memerintahkan hal itu.

“Intinya memang tidak boleh masuk. Nanti kami sampaikan lagi, saya konfirmasi lagi,” ucap Sugiyono dikonfirmasi melalui sambungan telepon.

Direncanakan sebanyak 105 TKA China tiba di Bandara Haluoleo Kendari pada Selasa (30/6) pukul 21.45 Wita. Mereka dikawal ketat aparat TNI-Polri menuju perusahaan pemakai jasa TKA PT VDNI dan PT OSS. (C)

Laporan: Riswan
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan