Termasuk Sultra, Mendagri Instruksikan Tanggap Darurat Bencana Palu dan Donggala

  • Bagikan
Rapat koordinasi terkait penanganan penanggulangan bencana gempa di Palu dan Donggala di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan RI, Sabtu (29/9/2018). (Foto: Kemendagri)
Rapat koordinasi terkait penanganan penanggulangan bencana gempa di Palu dan Donggala di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan RI, Sabtu (29/9/2018). (Foto: Kemendagri)

SULTRAKINI.COM: Instruksi penting kepada jajaran pemerintah daerah terdekat sekitar lokasi bencana dilakukan Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, usai mengikuti rapat koordinasi terkait penanganan penanggulangan bencana gempa di Palu dan Donggala di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan RI, Sabtu (29/9/2018).

Dalam kondisi darurat bencana gempa yang diikuti tsunami di wilayah Palu dan Donggala sangat diperlukan langkah penanganan cepat. Tjahjo menuturkan hal-hal yang harus cepat dilakukan jajaran pemerintah daerah untuk bahu-membahu membantu daerah yang terkena musibah.

Ia menegaskan bahwa dirinya menyampaikan dua instruksi, yaitu jajaran pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, Mamuju, dan sekitarnya mengirim bantuan peralatan dan logistik, tenaga medis, bahan makanan, obat-obatan, ambulans, pakaian, tenda, dan bantuan lainnya yang dibutuhkan dalam keadaan darurat. Pemerintah daerah juga mengerahkan Satpol PP dan Damkar untuk memberikan pertolongan kepada korban.

Instruksi Mendagri lainnya, yakni memerintahkan Wali Kota Palu dan Bupati Doggala segera mengeluarkan surat keputusan tentang pernyataan keadaan darurat bencana agar pemerintah daerah punya payung hukum untuk menggunakan sumber pembiayaan APBN.

Selain itu, untuk penanganan cepatnya harus dibantu segera dalam bentuk barang, peralatan, dan sarana-prasarana lainnya yang dapat dimobilisasi segera.

“Prinsipnya, saya meminta kepada jajaran pemerintah daerah segera tindaklanjuti untuk serius membantu saudara kita yang terkena musibah di Palu dan Donggala,” ucap Tjahjo.

Sumber: Puspen Kemendagri
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan