Ternyata Pegangan Tangan bisa Hilangkan Stres

  • Bagikan
Cara Alami Hilangkan Stres Dengan Pegangan Tangan Foto: Ruang muslim

SULTRAKINI.COM: Terlihat biasa, ternyata sentuhan fisik dengan berpegangan tangan memiliki manfaat sangat besar bagi kesehatan mental dan fisik. Pegangan tangan dengan pasangan dapat mengurangi kadar stres dalam tubuh kita.

Hal ini terjadi pada momen ketika terdapat kontak fisik dengan orang yang disayangi, tubuh akan memproduksi lebih banyak zat kimia otak bernama serotonin yang menimbulkan rasa bahagia, dan mengurangi produksi kortisol yang merupakan hormon stres. Hasilnya, ketegangan dan stres yang dirasakan berkurang karena merasa lebih rileks.

Interaksi fisik bersama pasangan bukan hanya pada saat berhubungan intim saja. Terkadang dalam kondisi yang membuat jenuh, sentuhan tangan dari pasangan dan orang-orang terkasih membuat kita tenang dan nyaman, di tengah banyaknya permasalahan.

Sebagai contoh, perhatikanlah ketika balita yang sedang resah dan gelisah, bayi tidak akan berhenti kegelisahannya sampai ia mendapatkan sentuhan fisik orang tua atau pengasuhnya.

Selain menghilangkan stres, pegangan tangan juga meningkatkan daya tahan tubuh sebagai hasil dari menurunnya kadar stres. Ketika merasa stres, hormon kortisol dilepaskan sehingga lebih rentang jatuh sakit. Sebaliknya ketika kadar stres menurun, tubuh akan lebih kuat melawan infeksi dan rasa sakit.

Sebagai seorang wanita menjaga keharmonisan bersama pasangan sangatlah penting. mengungkapkannya dengan cara sederhana seperti pegangan tangan sudah terbukti menghilangkan stres.

Cara lain juga dapat kita lakukan dengan mengajak pasangan berlibur berdua, agar keharmonisan tetap terjaga dengan baik.

Ditinjau oleh: dr. Kevin Adrian

Penulis: Hariati (Sumber: Alodokter.com)

  • Bagikan