Tiga Cabup Butur Berebut PKS

SULTRAKINI.COM: BUTON UTARA – Sejumlah nama calon bupati Buton Utara bakal memenuhi bursa calon kepala daerah yang akan diusung PKS pada pilkada 2020. Salah satunya adalah petahana.

Abu Hasan (petahana), Ridwan Zakariah, dan Aswadi Adam akan mengisi daftar cabup Butur yang nantinya dibahas oleh pengurus wilayah PKS untuk diserahkan ke DPP PKS.

“Tiga nama itu kita belum sempat bahas. Kemungkinan awal Maret 2002 akan dibahas di wilayah (DPW PKS Sultra),” kata Ketua DPW PKS Sultra, Yaudu Salam Ajo, Rabu (26/2/2020).

Proses pengkajian akan dilakukan pihak pengurus terhadap tiga nama tersebut, yakni tiga poin besar. Pertama, dukungan politik, yaitu melihat potensi cabup untuk mendapatkan dukungan parpol.

Kedua, seberapa potensial cabup dari aspek basis massa. Hal ini dikaji dengan melihat hasil survei. Ketiga, apakah cabup memiliki biaya operasional yang kuat dalam menghadapi pilkada 2020.

Fortune

PKS juga akan melihat keberpihakan cabup yang akan diusung kepada masyarakat. “Tapi sampai hari ini PKS belum mengerucut ke salah satu calonpun,” ucapnya.

Abu Hasan pada pilkada 2020 merupakan petahana atau bupati Butur periode 2016-2021. Dia juga kader PDIP dan sudah mendapatkan pintu PDIP untuk berkontestasi di pilkada tersebut.

Sementara Ridwan Zakariah adalah mantan bupati Butur periode 2010-2015. Pada pilkada kali ini, dia mengklaim sejumlah parpol siap mendukungnya. Begitu juga Aswadi Adam. Kader Partai Golkar ini juga mengklaim telah ada sejumlah parpol akan mendukungnya di pilkada 2020.

Untuk diketahui, PKS memiliki satu kursi di DPRD Butur. Sehingga harus melakukan koalisi agar bisa mengusung cabup. Butuh tambahan tiga kursi agar bisa mencapai angka 20 persen perolehan kursi di DPRD sesuai syarat undang-undang.

Kabupaten Butur merupakan salah satu daerah pelaksana pilkada 2020. Ada juga enam kabupaten lainnya di Provinsi Sultra akan menggelar pilkada tersebut, yaitu Konawe Selatan, Konawe Utara, Konawe Kepulauan, Kolaka Timur, Muna, dan Wakatobi.

Laporan: Ardian Saban
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.