SUARA

Tiga Calon Rektor USN Siap ‘Bertarung’

SULTRAKINI.COM: KOLAKA – Satu dari empat bakal calon Rektor Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka bernama Dr. Darlan Siddik, gagal maju dideretan calon rektor. Figur dari Universitas Negeri Makassar itu, hanya memperoleh dua suara.

Gugurnya Dahlan di daftar pemilihan rektor USN selanjutnya, menandakan tiga calon lainnya siap bertarung untuk menduduki jabatan rektor periode 2018-2022.

Ketiga nama yang tersisa, masing-masing memperebutkan sebanyak 20 suara senat dengan perolehan 10 suara untuk Dr. Azhari (rektor petahana USN), lima suara untuk Prof. Dr. Ruslin Hadanu (Wakil Rektor I USN), dan tiga suara diperoleh Muhammad Satria (calon dari Universitas Halu Oleo).

Penetapan calon tersebut berlangsung dalam tahapan penyaringan yang dilakukan oleh senat USN secara tertutup pada Jumat (23/3/2018).

yamaha

Terpilihnya nama-nama calon tersebut, secara langsung ketiganya akan diajukan ke Kemeterian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi untuk menentukan satu nama setelah diberikan hak suara oleh Kemenristek Dikti sebesar 35 persen atau memasuki tahapan pemilihan calon.

Dikatakan Sekretaris Senat USN Kolaka, Syamsul Rizal, tahapan selanjutnya pihaknya akan menunggu konfirmasi lebih lanjut untuk diadakannya tahapan pemilihan rektor.

“Jadi setelah diantar ke kementerian, kami menunggu lagi jadwal selanjutkan untuk dilakukan pemilihan final,” kata Syamsul.

Sekadar diketahui, mengacu pada Peraturan Kemenristek Dikti tahapan pemilihan rektor dilakukan sebanyak empat tahapan, di antaranya Penjaringan bakal calon, penyaringan calon, pemilihan calon, dan penetapan dan pelantikan.

 

Laporan: Mirwan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.