Pilkada koltim

Tiga Kabupaten di Sultra Terima Beasiswa 3T

SULTRAKINI.COM/KENDARI – Tiga kabupaten di Provinsi Sulawesi Tenggara mendapatkan program beasiswa unggulan 2019 dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Beasiswa ini ditujukan bagi mereka yang berasal dari daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T).

Ketiga kabupaten tersentuh program beasiswa unggulan 2019, yakni Kabupaten Konawe, Konawe Kepulauan, dan Kabupaten Bombana.

Sultra mendapatkan beasiswa afirmasi sejak tiga tahun terakhir.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayan (Dikbud) Sultra, Asrun Lio, menerangkan penerima beasiswa afirmasi diusulkan langsung oleh daerah yang masuk kategori 3T sebab pemerintah setempat yang lebih mengetahui kondisi daerahnya, sementara provinsi hanya memverifikasinya.

Selain itu, Dikbud Sultra akan menyiapkan dana pendampingan bagi penerima beasiswa afirmasi. Kebutuhan selama satu bulan pertama ditanggung oleh pihaknya.

Pilkada

“Jadi kita yang antar ke universitas tempat ia lulus, kita pastikan bahwa dalam satu bulan pertama dia bisa memenuhi kebutuhannya pada bulan pertama sebelum beasiswa keluar,” jelas Asrun, Senin (22/7/2019).

Kuota beasiswa afirmasi sebanyak 30 orang jenjang S1. Salah satu syarat penerima beasiswa afirmasi, yaitu kuliah di universitas luar provinsi.

Untuk diketahui, beasiswa unggulan 3T merupakan beasiswa yang diperuntukan bagi siswa yang berasal dari daerah 3T sesuai Peraturan Presiden RI Nomor 131 Tahun 2015 tentang Penetapan Daerah Tertinggal Tahun 2015-2019.

Beasiswa Unggulan 3T dipergunakan untuk melanjutkan studi pada jenjang pendidikan Sarjana, Magister, dan/atau Doktor pada perguruan tinggi dengan akreditasi minimal B.

Laporan: La Niati
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.