Tiga Penderita Gangguan Jiwa di Kolaka, Dipasung Belasan Tahun

SULTRAKINI.COM: KOLAKA – Tiga warga Kelurahan Sea Kecamatan Latambaga terpaksa diisolasi dari lingkungannya oleh keluarga lantaran mengidap gangguan kejiwaan. Ketiganya warga itu, yaitu Bahtiar, Yusridayanti dan Mukram.

Bahtiar warga jalan Bolu dan Yusridayanti yang tinggal di Jalan Kamboja, bahkan sudah dipasung selama puluhan tahun. Sedangkan Mukram hidup dalam kondisi lumpuh dengan kondisi psikologis upnormal.

Wakil Bupati Kolaka Muh Jayadin saat menyambangi ketiga warga itu, tampak sedih ketika melihat ketiganya hidup dalam kondisi tak berdaya. Disaksikan Jayadin, Bahtiar dan Yusridayanti menjalani hidupnya dengan seuntai rantai besi di kakinya. Sementara Mukram yang kini tinggal numpang di rumah sepupunya di Jalan Bolu hanya bisa menghabiskan masa-masa hidulnya dengan belas kasih dari sanak familinya.

Jayadin yang didampingi pihak Dinas Sosial, Camat Latambaga dan Lurah Sea berjanji Pemda Kolaka akan memberikan bantuan fasilitas pengobatan jiwa. “Tidak ada cara lain kecuali memberikan fasilitas pengobatan kejiwaan ,” ujar Jayadin, Rabu (7/12/2016).

Khususnya Mukram, Jayadin menginstruksikan kepada Dinas Sosial untuk memberikan bantuan kursi roda.

“Sebenarnya Mukram gangguan jiwanya belum parah hanya karena selama puluhan tahun lumpuh sehingga tidak berinteraksi dengan lingkungannya, akibatnya kondisi jiwa tergangu,” kata Jayadin

Menurut Lurah Sea Mudering, mengatakan ketiga warganya pernah dibantu pengobatan hingga dirawat di rumah sakit jiwa, namun tak kunjung sembuh. “Karena belum ada perubahan, keluarga mereka memutuskan merawat di rumah,” kata Mudering

Reporter: Sumardin

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.