Iklan Clarion
Festival Pesona Budaya Tua Buton

Tim Ilmu Politik Top 5 Debat Bahasa Indonesia se-UHO

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Tiga mahasiswa Jurusan Ilmu Politik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Halu Oleo masuk lima besar debat Bahasa Indonesia di kampus tersebut.

Total 24 tim dari berbagai fakultas dan jurusan bersaing untuk maju di debat Bahasa Indonesia tingkat nasional. Tim Prodi Ilmu Politik UHO masuk lima besar.

Fisip UHO sendiri, menurunkan tiga tim terbaiknya. Namun hanya tim C diwakili Prodi Ilmu politik tembus ke lima besar. Tim ini diwakili oleh Wa Ode Siti Murnia Sari, Wa Ode Siti Halifa Melinia, dan Amin Rosyadi. Mereka mengaku bangga bisa berjuang hingga di posisi tersebut.

“Kemarin itu tidak menyangka sekali masuk lima besar karena ini baru pertama kali. Jadi kita itu belajar cepat. Pas bertanding ternyata lolos. Kita dari Fisip tembus lima besar dari berbagai tim, hanya tim saya yang lolos di lima besar, kalau yang lainnya sudah gugur di babak pertama,” jelas Wa Ode Siti Murnia Sari kepada Sultrakini.com, Kamis (4/4/2019).

Debat Bahasa Indonesia telah berlangsung pada 29-30 Maret lalu di Gedung Fisip UHO.

Kompetisi ini diadakan oleh UHO setiap tahunnya. Pemenang nantinya berkesempatan mewakili Sultra di ajang debat Bahasa Indonesia tingkat universitas se-Indonesia.

Proses seleksi tentu menguras pikiran para peserta. Mereka diuji kemampuan dalam mempertahankan argumen terhadap topik-topik debat yang berikan panitia.

Ketua Panitia Debat Bahasa Indonesia, La Janu, menerangkan pemilihan topik debat berdasarkan isu yang disiapkan oleh Kemenristekdikti, berupa optimasi kreativitas generasi milenial dalam mewujudkan development goals di era revolusi industri 4.0, sub tema pendidikan, sains, teknologi, infrastruktur, ekonomi, dan sosial budaya.

“Sistem penilaiannya itu, isi argumentasi, strategi gaya penyampaian debat,” sambung La Janu kepada Sultrakini.com.

Laporan: Nely
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.