Tim Investigasi KPU RI Periksa Timsel KPU Kolaka dan Koltim

  • Bagikan
Ketua KPU Sultra, La Ode Abdul Natsir. (Foto: Dok/SULTRAKINI.COM).
Ketua KPU Sultra, La Ode Abdul Natsir. (Foto: Dok/SULTRAKINI.COM).

SULTRAKINI.COM: KENDARI -Tim investigasi Komisi Pemilihan Umum RI mulai datang di Sultra untuk mengklarifikasi dugaan kecurangan seleksi KPU Kolaka dan Kolaka Timur (Koltim).

Ketua KPU Sultra, La Ode Abdul Natsir Moethalib, mengatakan Tim Investigasi KPU RI yakni dari perwakilan biro hukum, inspektorat dan biro SDM KPU RI.

Kata Natsir, kedatangan tim investigasi tak lain memeriksa pihak pelapor dan tim seleksi dua daerah tersebut.

“Kita baru dapat laporan dari staf. Tim investigasi sudah melaksanakan tugas sejak 25 Januari 2019,” ujar Natsir, Senin (28/1/2019).

Untuk KPU Sultra, lanjutnya, hingga sekarang belum dimintai keterangan oleh tim tersebut terkait seleksi KPU Kolaka dan Koltim.

“Mereka (tim investigasi) sudah bekerja, dan nanti kita dapatkan hasilnya. Kalau KPU Sultra belum dimintai keterangan, yang baru dimintai keterangan pelapor, dan beberapa oknum yang disebut-sebut terlibat dalam kasus kecurangan seleksi,” ujarnya.

Ia menambahkan, pemeriksaan ini merupakan kelanjutan laporan atas aduan masyarakat dan kejadian yang menyertai proses seleksi di KPU Kolaka dan Koltim.

“Sejauh ini, kita belum mengetahui detil pemeriksaan timsel maupun pelapor. Pastinya, seluruh hasil investigasi yang dilakukan timses akan dilaporkan ke KPU RI,” pungkasnya.

Laporan: La Ismeid
Editor: Habiruddin Daenng

  • Bagikan