SULTRAKINI.COM: KENDARI - Jelang Natal dan tahun baru tim Satgas Pangan Dit Reskrimsus Kepolisian Daerah Sulawesi Tenggara (Sultra), intens melaksanakan operasi pasar disejumlah tempat di Kota Kendari. Operasi tersebut digelar untuk memantau stabilitas harga beberapa kebutuhan bahan pokok.

Tim Satgas Pangan Temukan Kenaikan Harga di Pasar Anduonohu dan Mandonga
Operasi pasar oleh Tim Satgas Pangan yang dipimpin langsung Waka Polda Sultra, Kombes Pol Winarto, Kamis (14/12/2017). (Foto: Wayan Sukanta/SULTRAKINI.COM)

Waka Polda Sultra, Kombes Pol Winarto mengatakan ada beberapa produk kebutuhan bahan pangan yang mengalami kenaikan harga. Menyikapi hal tersebut, pihaknya akan menindaklanjuti dengan mendatangi tempat distributor yang menyuplai bahan pangan di sejumlah pasar di Kota Kendari.

"Dari hasil pemantauan operasi pasar hari ini di dua tempat, yakni di Pasar Anduonohu dan Mandonga, kami menemukan adanya beberapa bahan pangan yang mengalami kenaikan. Beberapa bahan pangan itu diantaranya, telur ayam, bawang merah, bawang putih, daging ayam dan cabai merah," ujar Winarto kepada sejumlah awak media di Pasar Mandonga, Kota Kendari, Kamis (14/12/2017).

Menurut dia, stok kebutuhan bahan pangan di Kota Kendari dipastikan aman hingga Natal dan tahun baru. Selain itu, untuk mengantisipasi adanya oknum nakal yang sengaja melakukan penimbunan kebutuhan bahan pokok, Tim Satgas Pangan Polda Sultra dan Stakeholder akan intens melakukan pengawasan.

"Kita akan tindak secara tegas jika ada oknum yang ingin bermain harga, apalagi jika berani melakukan penimbunan bahan pangan," tegasnya.

Sementara itu Safrudin, salah seorang pedagang telur ayam di Pasar Anduonohu mengaku terjadi kenaikan harga telur ayam yang dijualnya. Hal tersebut dipicu karena tingginya angka permintaan konsumen di pasaran.

"Harganya bervariasi yang awalnya hanya Rp 40 ribu sekarang mencapai Rp 50 ribu dalam satu raknya. Telur ini saya ambil dari salah satu distributor yang ada di Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan," kata Safrudin saat ditemui di Pasar Anduonohu.

(Baca juga: Di Kendari Harga Cabai Turun Jelang Natal dan Pergantian Tahun)


Laporan: Wayan Sukanta

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations