000 HPN Prov

Tingkatkan Kesejahteraan Petani Rumput Laut, Pemda Wakatobi Gandeng PT.BSS

SULTRAKINI.COM: WAKATOBI – Pemda Wakatobi terus menjaling kerja sama dengan berbagai pihak, untuk meningkatkan kesejahteraan petani rumput laut, salah satunya dengan PT Baruna Sumber Sejahtera (BSS).

Bukan hanya itu, Pemda Wakatobi juga telah berkerja sama dengan para NGO, kementerian, dan Bank Indonesia (BI) untuk membina petani rumput laut dari cara budidaya, pengelolaan hingga pemasaran.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Wakatobi, Jalaluddin, mengatakan kehadirannya perusahaan tersebut untuk membantu petani dari permainan harga para tengkulak.

“PT BSS membeli rumput laut petani kita dengan harga standar nasional. Karena mereka langsung mengelola rumput lautnya secara profesional menjadi bahan jadi,” katanya, Rabu (4/9/2019).

Bukan hanya membeli, pihak perusahaan juga menyiapkan bibit rumput laut jenis cotoni untuk para petani.

Tambahnya, hasil rumput laut di Wakatobi selama setahun kurang lebih 2.000 ton.

Sementara itu, salah seorang petani rumput laut Desa Liya Bahari Indah, Kecamatan Wangi-wangi selatan, La Wahid, mengaku dirinya masih menjual rumput lautnya di penampung dengan harga Rp 20 ribu perkilo untuk rumput laut jenis cotoni, untuk rumput laut jenis spynosum dijual Rp 6.500 perlilo.

Laporan: Amran Mustar Ode
Editor: Habiruddin Daeng

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.