SUARA

Tingkatkan Kualitas Eksport, DKP Wakatobi Lakukan Pelatihan Ke Nelayan

SULTRAKINI.COM: WAKATOBI- Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Wakatobi menggelar pelatihan penanganan hasil tangkapan diatas kapal kepada sejumlah nelayan mulai dari pulau Wangi-wangi hingga nelayan di pulau Binongko.
Pelatihan yang dijadwal diselenggarakan sejak tanggal 16 hingga 18 April 2018 ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan nelayan di Wakatobi dalam penanganan ikan yang baik, dan standar eksport yang diinginkan di pasar dunia.
“Dengan adanya pelatihan ini, kami meyakini hasil tangkapan ikan nelayan Wakatobi dapat bersaing dengan hasil tangkapan daerah lain, karena mereka telah mengetahui standar mutu ikan esport yang diterima pasar dunia.” Kata Kepala DKP Wakatobi, Oktawinus, Selasa (17/4/2018)
Kedepannya, kata Oktawinus pihaknya akan berupaya agar nelayan di Wakatobi bisa mendapatkan sertifikat penanganan ikan yang baik. “Dari sisi kemampuan berlaut tidak dirakukan lagi kemampuan nelayan Wakatobi karena mereka lahir besar dilaut, namun berbicara bagaimana penanganan ikan yang baik, sesuai dengan standar pasar dunia masih ada yang belum paham,” ungkapnya
yamaha
Lanjutnya, apa lagi kedepan Indonesia akan masuk dalam pasar bebas dimana kemampuan dan keterampilan nelayan harus dipersiapkan sehingga nelayan Wakatobi mampu bersaing dengan nelayan dari luar.
Sementara itu, Kepala seksi Operasional Pelabuhan, kantor Kementrian Kelautan dan Perikanan Sultra, Recky Pangemanan mengatakan kualitas ikan di Wakatobi sudah cukup baik karena berdasarkan data tahun 2017 lalu, ikan yang berasal dari Wakatobi bukan hanya tersebar di beberapa wilayah di Indonesia, namun sudah menembus pasar dunia, seperti negara-negara uni eropa, Amerika, dan Asia.
“Jadi sebagian nelayan Wakatobi sudah menerapkan jaminan mutu hasil tangkapan, cuma nelayan ini perlu kita beri bimbingan teknis, karena mutu ikan sangat mempengaruhi harga ikan.” Ungkapnya
Laporan: Amran Mustar Ode

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.