Pilkada koltim

Tingkatkan Layanan KB, DPPKB Konut Latih Bidan dan Dokter

SULTRAKINI.COM: KONAWE UTARA – Dinas Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Konawe Utara menggelar sosialisasi peningkatan sumber daya manusia (SDM) terlatih bidang keluarga berencana di RSUD Konut pada Senin (4/2/2019).

Kegiatan peningkatan SDM tersebut, dibuka langsung oleh Bupati Konut, Ruksamin yang dihadiri Wakil Bupati Raup, Sekda Martaya, Kepala DPPKB Konut Kasim Pagala dan para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Konut.

Kepala DPPKB Konut, Kasim Pagala, melalui Kabid KB, Nurmaida mengatakan, kegiatan tersebut merupakan salah satu langkah untuk memberikan pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat terkait pelayanan KB.

“Untuk memberikan pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat, kami berikan pelatihan peningkatan SDM, kepada para kepala puskesmas, dokter dan bidan terkait pelayanan KB,” kata Nurmaida.

Pilkada

Nurmaida menjelaskan, tidak semua dokter dan bidan yang bertugas di pelayanan kesehatan seperti di puskesmas mengetahui cara pelayanan KB, terutama pemasangan implant apalagi jika tidak memiliki urat Tanda Registrasi (STR).

“Sehingga memang, harus ada pelatihan khusus. Ada ilmu yang diberikan terutama pemahaman tentang MOV. Seperti operasi pria pemasangan vasektomi, itukan tidak semua dokter mengetahui. Sehingga kami mengundang juga dokter yang ada rumah sakit, dan puskesmas untuk diberikan pemahaman cara pemasangan KB vasektomi,” ucapnya.

Bupati Konut, Ruksamin, memberikan apresiasi kepada DPPKB Konut atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Menurutnya pelatihan tersebut perlu dilakukan guna memberikan pelatihan khusus para tenaga medis dalam memberikan pelayanan KB.

“Ini merupakan salah satu upaya pemerintah daerah, untuk terus memacu peningkatan sumber daya manusia, khususnya para tenaga medis, dalam memberikan pelayanan yang maksimal,” kata Bupati Konut.

Laporan: Arifin Lapotende
Editor: Habiruddin Daeng

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.