Tingkatkan Layanan Kesehatan, Dinkes Wakatobi akan Luncurkan Aplikasi Offline

SULTRAKINI.COM: WAKATOBI– Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Wakatobi terus berinovasi untuk mendeteksi lebih awal penyakit disetiap pulau di Wakatobi. Salah satu upaya yang dilakukan yaitu menggunakan aplikasi offline data base terpadu dibidang kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Wakatobi, Muliaddin Anis, mengatakan aplikasi offline data base kesehatan ini akan menunjang pelayanan kesehatan menjadi terintegrasi.

“Kalau ini sudah berjalan kita bisa lakukan interfensi dengan tepat terhadap pelayanan kesehatan,” kata Muliaddin, Kamis (6/9/2018)

Pengalaman selama ini, kata Muliaddin, stakeholder terkait, berjalan menggunakan data proyeksi sesuai program masing-masing sehingga menjadi bias.

“Dengan adanya aplikasi ini, data yang digunakan adalah data rill, dan kita betul-betul lakukan pendekatan berbasis keluarga,” paparnya

Muliaddin memastikan, Tahun 2019 program tersebut akan mulai dijalankan.Saat ini, katanya masi dalam tahap sosialisasi di setiap kecamatan. Dan di akhir tahun 2018 pihaknya akan melakukan pendataan kepada masyarakat.

Sementara itu, Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Wakatobi, dr Hija Musali, menjelaskan aplikasi ini akan sangat mendukung dokter dalam mendeteksi berbagai jenis penyakit yang dialami masyarakat di tiap wilayah di Wakatobi.

“Kami sangat mendukung aplikasi ini, karena dengan adanya aplikasi ini bisa memudahkan tenaga kesehatan dalam mendeteksi penyakit di masyarakat.” terangnya

Laporan: Amran Mustar Ode
Editor: Habiruddin Daeng

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.