Tingkatkan Pelayanan Puskesmas, Bupati Konsel Serahkan 5 Unit Ambulans

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Bupati Konawe Selatan, Surunuddin Dangga merealisasikan janjinya di bidang kesehatan dengan menyerahkan bantuan kendaraan operasional ambulans untuk lima puskesmas.

Mobil ambulans diserahkan Surunuddin untuk Puskesmas Tinanggea, Palangga, Sabulakoa, Pamandati, dan Puskesmas Ranomeeto Barat. Bantuan ini bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Dinas Kesehatan Konsel. Jauh sebelumnya, bupati Konsel juga mendistribusikan peralatan medis di pusat pelayanan kesehatan.

Bantuan operasional ini dimaksudkan untuk meningkatkan dan mempercepat pelayanan kesehatan kepada masyarakat di wilayah setempat.

“Alhamdulillah secara bertahap saya realisasikan janji kala itu untuk menyediakan kendaraan operasional. Untuk peralatan medis telah kita distribusikan jauh sebelumnya,” ujar Surunuddin, Selasa (22/9/2020).

Dikatakan Surunuddin, dengan bantuan tersebut tidak ada lagi alasan untuk tidak tertanganinya keluhan kesehatan masyarakat, sekaligus harapan agar meningkatnya standar pelayanan kesehatan hingga ke pelosok desa sesuai maksud dari tagline Desa Maju Konsel Hebat, khususnya terdepan di bidang kesehatan.

Kebutuhan akan transportasi penting diadakan, kata bupati, mengingat luas wilayah dan jangkauan pelayanan antardesa, khususnya di Kecamatan Laonti yang hanya bisa dilalui jaur laut, sehingga dirinya merespon cepat dengan mengadakan speed boat yang rencananya diserahkan dalam waktu dekat.

Bupati Konsel, Surunuddin Dangga menyerahkan mobil operasional untuk puskesmas. (Foto: Ist)
yamaha

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Konsel, dr Maharayu, menambahkan sumber anggaran pengadaan transportasi tersebut berasal dari DAK Afirmasi dan DAK Reguler pada 2020 Dinkes Konsel. Kata dia, seyogyanya penyerahan bantuan tujuh unit, namun dua unit kendaraan jenis double cabin untuk wilayah Kecamatan Laonti dan Promkes masih dalam karoseri.

“Selain itu kita sudah serahkan 30 unit jenis kendaraan roda dua di berbagai puskesmas se-Konsel,” tambahnya.

Sedangkan transportasi laut sebanyak dua unit untuk Desa Bungin dan Desa Wawosunggu sedang dalam pengerjaan, dan dipercepat penyelesaiannya sesuai perintah bupati.

“Semua ini bukti kepedulian bupati terhadap peningkatan kualitas dan pelayanan kesehatan di Konsel,” ucap Maharayu.

Ketika Rapat Koordinasi Kesehatan di beberapa kecamatan pada awal 2020, Bupati Konsel, Surunuddin mengamini permintaan untuk menyediakan peralatan medis memadai di setiap puskesmas, seperti kendaraan roda dua, roda empat, dan speed boat dalam rangka menunjang pelayanan kesehatan masyarakat Konsel. Hal inipun terus ditingkatkan demi maksimalnya pelayanan kesehatan wilayah setempat.

Rapat tersebut dihadiri kepala puskesmas, dokter, tenaga medis, camat, kades, pimpinan ODP, serta masyarakat. (B)

Laporan: La Niati
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.