Tinjau Bendungan Ladongi, Ridwan Bae Minta Gubernur Berbaiki Jalan, Plt Bupati Koltim Sodorkan Usulan Program

SULTRAKINI.COM: KOLAKA TIMUR – Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Ridwan Bae beserta Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) lV Sulawesi Tenggara (Sultra), Kepala Balai Perencanaan, Pengembangan Jalan Nasional (P2JN) wilayah Sultra, Kepala Balai PUPR dan Kepala Balai Cipta Karya melakukan kunjungan kerja di Bendungan Ladongi yang terletak di Kelurahan Atula, Kecamatan Ladongi dan Bendung Gunung Jaya di Kecamatan Dangia, Kabupaten Kolaka Timur, Sabtu (24/3/2021).

Dalam kunjungan ini, Ridwan Bae beserta rombongan didampingi Plt Bupati Koltim Andi Merya Nur, Pj Sekda Koltim Andi Muh Iqbal Tonggasa beserta OPD menuju lokasi tinjauan.

Hasil kunjungannya meninjau proyek nasional pembangunan Bendungan Ladongi, yang menelan anggaran APBN sebesar Rp 844 miliar itu yang dikerjakan oleh PT Hutama Karya – PT Bumi Karsa, KSO dengan masa kerja 48 bulan dan akan diresmikan oleh Presiden RI Jokowidodo pada bulan November 2021 mendatang, Ridwan Bae melihat masih ada kekurangan yang perlu dibenahi sebelum diresmikan, yakni infrakstruktur atau akses masuk kawasan Bendungan Ladongi sepanjang delapan kilometer dan hal tersebut akan disampaikan kepada gubernur Sultra Ali Mazi.

“Saya akan menyampaikan kepada bapak Ali Mazi agar segera melakukan perbaikan akses masuk ke Bendungan Ladongi, akses ini prioritas, harus selesai sebelum diresmikan, jalan ini harus diperbaiki bukan hanya karena mau peresmian bendungan, tapi juga untuk masyarakat yang selama ini melaluinya,” kata Ridwan.

Setelah melakukan kunjungan di Bendungan Ladongi, rombongan Ridwan lalu melanjutkan kunjungan di Bendungan Gunung Jaya di Kecamatan Dangia. Bendungan Gunung Jaya juga merupakan bendungan yang butuh perbaikan karena sering rusak akibat banjir yang sering melanda tkecamatan Dangia.

Disela-sela kunjungan, Plt Bupati Koltim Andi Merya Nur meminta dan mengusulkan usulan tambahan kepada Wakil Ketua Komisi V Ridwan Bae yakni
agar diberikan program percepatan peningkatan tata guna air irigasi (P3TGAI), program bedah rumah 200 unit, pengembangan infrastruktur sosial ekonomi wilayah (PISEW).

Selain itu, ia juga meminta agar ada pengembangan desa wisata yang akan ditempatkan di Desa Karomotingge (wisata air terjun) di Kecamatan Tirawuta.

“Kiranya dapat diberikan deskresi oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk perbaikan jalan ke objek wisata Tetewa sekitar 10 sampai 20 km/tahun, pembangunan Bendungan Mowewe dan Dangia, pembangunan jalan nasional dua jalur yakni jalan Tumbudadio – Raterate – Lalingato sepanjang 14 kilometer, program Sanitasi dan mohon kami juga dibantu program pendididkan,” pintanya secara tertulis

Permintaan Plt Bupati Koltim tersebut  direspon baik oleh Wakil Ketua Komisi V DPR RI Ridwan Bae beserta seluruh kepala Balai yang hadir dan akan segera diproses. (C)

Laporan: Hasrianty
Editor: Hasrul Tamri
n

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.