Iklan Clarion

Tips Berhemat untuk Berlibur Akhir Tahun

SULTRAKINI.COM: Sebagian orang menghabiskan akhir tahun dengan berlibur. Kendati demikian, terkadang untuk berlibur seseorang perlu pertimbangan karena, liburan identik dengan menghabiskan banyak uang. Padalah, tidak seperti itu.

Untuk mendapatkan liburan yang diinginkanpun bisa berhemat. Ada 5 cara mengisi liburan akhir tahun ini dengan cara berhemat. Mengutip Skyscanner, berikut tips menghemat biaya saat berlibur. 

1. Tentukan destinasi dan estimasi biaya 

Hal paling utama dalam merencanakan keuangan untuk liburan adalah menentukan destinasi yang ingin dituju. Destinasi akan menentukan seberapa banyak harus mengeluarkan uang. Jika  memiliki lebih dari satu destinasi impian yang ingin dituju, tidak masalah. 

Tuliskan semuanya, hitung estimasi biaya perjalanannya, dan sesuaikan jadwal keberangkatan dengan kemampuan dan komitmen. Dalam perhitungan, pastikan memasukkan tiket pesawat, biaya penginapan, estimasi pengeluaran harian untuk makan dan transport keliling kota, serta biaya darurat.

2. Target keberangkatan 

Setelah menentukan destinasi yang diinginkan, langkah berikutnya adalah menentukan jadwal keberangkatan. Mengapa jadwal keberangkatan penting, karena hal ini akan menentukan keuangan. Misalnya, memiliki target untuk berangkat ke Jepang selama 10 hari dan itu harus dihitung pengeluarannya. Untuk berhemat, bisa memesan tiket satu tahun sebelumnya. Bahkan bisa menabung untuk mendapatkan liburan yang diinginkan. 

Misalnya ingin berangkat pada September 2018 sebagai liburan musim gugur. Setelah berhitung, budget yang butuhkan adalah Rp12 juta, sudah termasuk biaya tiket pesawat, hotel, dan biaya sehari-hari di sana, maka persiapkan dana itu dengan cara menabung. 

Jangan lupa, juga harus membeli tiket pesawat dan memesan hotel terlebih dahulu di awal. Untuk berhemat, bisa memanfaatkan berbagai promo maskapai dan kunjungi berbagai travel fair yang ada untuk mendapatkan tiket pesawat dengan harga yang lebih murah.  

3.  Tabungan terpisah 

Jangan pernah menggabungkan tabungan untuk kehidupan sehari-hari dengan tabungan untuk traveling. Umumnya, yang tersisa dari tabungan itu hanyalah niat, bukan uang untuk traveling.

Jadi pastikan begitu tanggal gajian tiba, segera pindahkan “uang traveling”  dari perhitungan nomor dua tadi ke tabungan khusus traveling. Setelahnya, silahkan pakai uang  sesuai kebutuhan.

4. Kartu kredit khusus traveling 

Banyak pro-kontra dalam penggunaan kartu kredit. Tapi kartu kredit bisa memberikan manfaat lebih jika penggunaannya ditujukan untuk mengumpulkan poin, dan bukan untuk “meregangkan” dompet, padahal tidak punya sumber lebih untuk peregangan itu.

Daftarkan diri ke salah satu penyedia kartu kredit yang memberikan manfaat lebih untuk penggemar traveling agar bisa mengumpulkan mileage pesawat maupun hotel dari setiap transaksi yang dilakukan dengan kartu kredit itu. Setelahnya, bisa menggunakan mileage untuk memangkas biaya tiket pesawat maupun hotel.

Jangan lupa, pastikan selalu membayar dengan lunas penggunaan kartu kredit setiap bulannya. Pastikan juga menggunakan kartu kredit terbaik untuk traveler agar mileage yang  dikumpulkan bisa memberikan manfaat maksimal.

5. Bergabung dengan OTA pemesanan hotel 

Cara lain untuk memangkas biaya adalah dengan berlangganan ke situs pemesanan tiket pesawat atau hotel yang memberlakukan program loyalitas pelanggan. Artinya, bisa mengumpulkan poin dari setiap transaksi yang dilakukan, dan poin itu bisa digunakan untuk mengurangi biaya tiket pesawat maupun hotel untuk liburan ke destinasi impian.

Sumber: sindonews.com

Komentar
Loading...