Tips Menghindari Sambaran Petir

  • Bagikan
Tips Agar Tidak Tersambar Petir (Foto Metro Tempo - Tempo.co)
Tips Agar Tidak Tersambar Petir (Foto Metro Tempo - Tempo.co)

SULTRAKINI.COM: Suara petir aat hujan itu sangat menakutkan apalagi disertai dengan kilatan cahaya. Petir sangat mematikan jika menyambar Anda. Misalnya, Salsabila Ayu Putri yang tewas tersembar petir di kampung Sanja RW 02, Kecematan Citeureup, Kabupaten Bogor, Rabu (12/12/2018) Sore.

Saat kejadian, bocah enam tahun ini sedang asyik memainkan ponselnya sambil men-charger (pengisi daya) di dalam rumahnya. Peristiwa terjadi saat hujan deras mengguyur wilayah Citeureup dan sekitarnya.

Suara petir menggelegar, Widia, ibu korban melihat anaknya sudah terbaring di lantai. Ibu korban berusaha mencabut kabel charger, namun ia sempat terkejut ketika mencabut kabel sebab masih ada aliran listrik.

Setelah berhasil dicabut kabel. Ia melihat anaknya sudah tidak sadarkan diri dalam kondisi polsel menempel di pipi sebelah kanan. Saat diperiksa, ada warna hitam lebam pada pipi dan bagian dada korban.

Mengetahui kejadian itu, Widia kemudian meminta tolong kepada warga sekitar hingga berdatangan ke rumahnya, namun korban sudah meninggal dunia.

Keluarga korban menerima kejadian itu sebagai musibah dan menolak untuk dilakukan autopsi.
Kejadian seperti itu harus diwaspadai dan jangan disepelekan. Dampak lainnya, sambaran petir juga bisa merusak peralatan elektronik.

Berikut beberapa cara menghindari sambaran petir baik di luar ruangan maupun di dalam ruangan.

Saat di dalam ruangan

– Di dalam saluran telepon terdapat pipa logam yang dapat menghantarkan listrik. Cabutlah kabel telepon dan matikan listrik atau barang elektronik yang masih tersalur ke listrik.

– Jauhkan diri dari kontak listrik, karena petir akan menyambar sesuatu yang teraliri oleh listrik.

– Tutup semua pintu atau pun jendela dan menjauhlah dari lokasi tersebut.

– Hindari benda-benda yang terbuat dari logam kayu, dan kaca atau cermin sebaiknya ditutupi oleh kain karena sangat berbahaya.

– Ada sebaiknya polsel dinonaktifkan atau matikan data seluler

Saat di luar ruangan

– Carilah tempat berlindung. Jangan berada di lapangan terbuka sebab petir akan menyambar Anda. Carilah gedung atau mobil. Jauhkan diri dari jendela mobil yang konvertibel (mobil yang terdiri dari dua atau empat pintu yang memiliki atap agak lunak atau keras yang dapat dibuka)

– Jika anda sedang berada di taman, hutan, atau di mana saja yang banyak pepohonan. Carilah tempat yang aman, berteduh di bawah pohon yang tinggi bisa jadi sasaran petir karena energi petir akan lompat ke tubuh Anda.

– Jika Anda sedang di air ,misalnya kolam renang terbuka, sungai atau melakukan kegiatan di laut, segeralah keluar dari air, dan menuju ke daratan. Segera mencari tempat berlindung. Sebab air menjadi sasaran petir untuk melepaskan energi.

– Anda juga bisa jongkok dan membuat diri anda serendah mungkin ke tanah. Taruh tangan anda pada lutut dengan posisi kepala di antara lutut dan tangan.

– Pergilah ke tempat yang memiliki daratan cukup rendah, terbuka, dan jauh dari pepohonan tiang atau menara yang tinggi, dan benda berlogam.

Dari berbagai sumber

Laporan: Yuti Sandra J.

  • Bagikan