Festival Pesona Budaya Tua Buton

Tips Solo Traveling untuk Kamu yang Baru Beranjak Dewasa

SULTRAKINI.COM: Lakukan solo traveling kadang menjadi salah satu live goals bagi sebagian orang, termasuk remaja yang sudah beranjak dewasa. Kamu termasuk salah satunya? Perhatikan beberapa tips ini agar perjalananmu jadi pengalaman yang menyenangkan.

Banyak cara keren untuk menghadiahi diri sendiri yang telah beranjak dewasa, salah satunya adalah melakukan solo traveling. Dengan melakukan traveling seorang diri, kamu membuktikan telah menjadi pribadi mandiri dan bisa diandalkan. Tidak perlu traveling jauh hingga ke luar negeri, cukup jajal provinsi terdekat atau pulau seberang sebagai pijakan pertama.

Jika kamu lulus di pengalaman pertama ini, dijamin kamu nggak bakal bingung lagi saat harus bepergian seorang diri. Lalu apa saja tips-nya agar kamu merasa aman dan nyaman saat lakukan traveling secara perdana?

1. Beli tiket dari tempat terpercaya
Hal pertama yang harus kamu persiapkan sebelum bepergian, tentu saja membeli tiket. Jika pesawat terbang jadi pilihan transportasi utama, pastikan kamu membeli tiket di tempat yang sudah terjamin dan diakui kualitasnya.
Sebagai first timer, membeli Tiket Pesawat Traveloka Promo bisa jadi pilihan tepat buatmu. Di situs tersebut, kamu bisa memilih maskapai sesuai budget sekaligus menjajal banyak promo yang ditawarkan di dalamnya. Tidak cuma itu, cara mendaftar, membeli, dan membayar tiket yang kamu beli juga sangat mudah sehingga nggak ada lagi cerita gagal traveling hanya karena masalah tiket.

2. Pilih tujuan yang familier
Saat traveling untuk pertama kali, ada baiknya kamu mengunjungi destinasi wisata yang memiliki suasana dan cuaca yang familiar dengan daerah asal. Hal ini dilakukan agar kamu tidak mengalami culture shock saat pertama menginjakkan kaki di sana. Misalnya, jika kamu terbiasa tinggal di tempat yang ramai dan banyak aktivitas, hindari memilih tujuan wisata dan penginapan yang cenderung sunyi serta jauh dari keramaian.

Tidak hanya itu, mengunjungi daerah yang ditinggali kerabat dekat juga bisa jadi pilihan tepat, loh. Kamu jadi lebih merasa aman secara psikologis karena ada keluarga yang bisa diandalkan jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan saat traveling.

3. Hindari membawa barang berlebihan
Bepergian seorang diri berarti mengurus dan bertanggung jawab penuh terhadap segala sesuatu yang kamu bawa, termasuk ‘membawa’ diri. Hindari barang bawaan yang terlalu mencolok seperti perhiasan berlebihan, kamera mahal, atau penampilan yang jauh berbeda dengan penduduk sekitar sehingga mengundang pihak lain melakukan tindakan yang tidak diinginkan. Ingat selalu peribahasa ‘di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung’. Hormati apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan di tempat tujuan. Buatlah pengalaman solo traveling perdana kamu jadi sesuatu yang layak dikenang.

4. Riset secara detail
Sebelum mendatangi daerah atau lokasi wisata yang sudah diincar, tidak ada salahnya kamu lakukan riset secara mendalam. Riset di sini tidak harus selalu lewat website, loh. Kamu juga bisa mendapatkan informasi yang lebih lengkap jika bertanya pada penduduk sekitar. Luangkan waktu untuk mengobrol sebentar dengan satpam hotel atau pedagang kaki lima di area alun-alun. Terkadang, kamu bisa mendapatkan informasi menarik yang nggak kamu temukan di dunia maya.

5. Percaya insting
Tantangan terbesar saat kamu bepergian seorang diri adalah harus selalu waspada terhadap hal yang tidak menyenangkan. Jaga diri dan barang bawaan sebaik-baiknya, serta percayakan insting di mana pun kamu berada.
Jika cuaca tidak baik dan kamu merasa ragu untuk pergi ke pantai, sebaiknya tunda untuk sementara. Mau merasakan serunya clubbing tapi ternyata suasana di dalam club membuatmu tidak nyaman? Tidak ada salahnya balik badan dan cari hiburan lain.

Bepergian dengan gaya solo traveling bisa menjadi cara terbaik untuk mengenal diri sendiri. Nikmati perjalanannya, tidak perlu terburu-buru, agar pengalaman ini bakal kamu ingat sampai tua nanti.

Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.