TNI-Polri Siaga Jaga Kelancaran Pelaksanaan HPS di Sultra

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Personil TNI-Polri melaksanakan apel gelar pasukan pengamanan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-39 di Appron Militer Lanud Halu Oleo, Jumat (1/11/2019). Apel pasukan tersebut dilakuka melibatkan unsur TNI, Polri, pemda, basarnas, dishub, dan Instansi terkait jajaran Sulawesi Tenggara (Sultra).

Apel pasukan yang dipimpin Kapolda Sultra Brigjen Pol Merdysam itu, dihadiri Danrem 143/HO Kolonel Inf Yustinus Nono Yulianto, Dandim 1417/Kendari Kol Inf Drs Alamsyah, para Dansat TNI-Polri dan Forkopimda Sultra.

Sekitar kurang lebih 18 ribu personil prajurit dari TNI-POLRI, ditambah sekitar 200 personil pengamanan dari instansi terkait dikerahkan untuk menjaga kelancaran pelaksanaan HPS utamanya dari bahaya teror dan unjuk rasa.

Kapolda Sultra Merdysam dalam sambutannya mengatakan, kegiatan tersebut untuk mengecek kesiap siagaan personil TNI-Polri dan instansi terkait, untuk pengamanan para menteri dan tamu negara.

“Kita semua tentunya berharap pelaksanaan kegiatan Hari Pangan Sedunia dapat berjalan dengan lancar,” kata Kapolda Sultra.

Suksesnya HPS, lanjutnya, ditentukan kesiap-siagaan TNI-Polri dan seluruh instansi terkait sesuai dengan peran tugas dan tanggung jawab masing-masing.

Kantor Bulog Raha

“Seluruh hal-hal teknis dan taktis hendaknya dikoordinasikan, tetap jalin komunikasi dan koordinasi sehingga hal-hal yang terdapat di lapangan dapat diatasi,” tegasnya.

Terkait pelaksanaan HPS yang berada di wilayah Binaan Kodim 1417/Kendari Kolonel Inf Drs Alamsyah, selaku Dandim, menyampaikan pihaknya sebagai aparat kewilayahan selain mengerahkan personil dalam pengamanan, babinsa dikerahkan untuk mendukung tugas pemda guna mendukung kelancaran kegiatan HPS.

“Kita juga sudah minta Babinsa untuk menjaga kelancaran HPS akan berlangsung di tiga lokasi yaitu Kendari, Konawe dan Konsel,” kata Alamsyah Dandim Kendari.

Dia juga mengatakan dalam event nasional yang dihadiri para menteri dan tamu negara, pihaknya mengerahkan seluruh personil untuk membantu dan mendukung kelancaran kegiatan yang berlangsung pada 2 sampai 5 November 2019 itu.

Sesuai rondown acara, pembukaan HPS akan dilangsungkan di Desa Pudambu Kecamatan Angata, Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara pada2 November 2019. Disaat itu juga akan berlangsung acara panen kakao di Kecamatan Angata, Kabupaten Konawe Selatan, termasuk gelar inovasi teknologi dan bio industri.

Selanjutnya, digelar acara Festival Pangan Lokal (lomba cipta menu) dan peninjauan pameran pagelaran seni budaya yang dipusatkan di kawasan Eks MTQ Kendari.

Laporan: Hasrul Tamrin
Editor: Habiruddin Daeng

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

var bs_pagination_loc = {"loading":"
<\/div>
<\/div>
<\/div>
<\/div>
<\/div>
<\/div>
<\/div>
<\/div>
<\/div><\/div>"};