Festival Pesona Budaya Tua Buton

Tokoh Masyarakat di Kolaka Bentuk Forum Pemekaran Kecamatan Samaturu

SULTRAKINI.COM: KOLAKA – Sejumlah tokoh masyarakat dari desa dan kelurahan yang ada di Kecamatan Samaturu, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara, sepakat membentuk Forum Pemekaran Kecamatan Samaturu untuk bekerja merealisasikan usulan pemekaran di wilayahnya. Pembentukan forum itu berlangsung di salah satu rumah tokoh masyarakat di Desa Konaweeha sekaligus menunjuk ketua terpilih, yakni Nasar, Rabu (8/8/2018).

Nasar menjelaskan, dasar dibentuknya forum tersebut merupakan untuk membantu merealisasikan usulan sebagaian besar masyarakat Samaturu untuk memekarkan wilayah kecamatannya. Pemekaran wilayah Kecamatan Samaturu menjadi hal yang tidak bisa ditunda-tunda lagi dikarenakan memang sangat layak dimekarkan.

“Forum tersebut semua terlibat tokoh masyarakat dari 19 desa dan kelurahan yang ada di Samaturu. Kenapa harus segera bergerak untuk memekarkan Samaturu, pertama kita lihat Samaturu ini wilayahnya cukup luas, ada 17 desa dan 2 Kelurahan, itu sudah layak dimekarkan, lalu demi pelayanan yang maksimal juga, kalau luas begini kan tidak efisien pelayanannya, dan ini juga sudah sering disuarakan oleh masayarakat setaip ada pertemuan,” jelas Nasar, Kamis (9/8/2018).

Forum Pemekaran Kecamatan Samaturu nantinya juga bisa membantu pemerintah untuk merealisasikan usulan pemekaran itu yang menurutnya juga didukung Pemerintah Daerah. “Pihak Pemerintah Daerah juga mendukung usulan ini, makanya kita bentuk forumnya dulu lalu kita bekerja, kita bantu pemerintah juga agar cepat terwujud (pemekaran),” ujar Nasar.

Kepengurusan dari forum, lanjutnya, melibatkan kepala desa dan lurah se-Kecamatan Samaturu sebagai dewan pelindung dan penasehat. Sedangkan untuk wakil ketua, dipercayakan kepada Hamrun selaku tokoh masyarakat Ulu Konaweeha. Sementara posisi sekretaris dipegang Andi Syarifuddin (tokoh masyarakat Desa Meura) dan Haeruddein (tokoh masyarakat Desa Konaweeha), serta bendaharanya dijabat oleh Adha
yang merupakan tokoh masyarakat Desa Kaloloa.

Di tempat terpisah, Syaifullah Khalik selaku legislator Gerindra yang juga merupakan tokoh masyarakat Samaturu menyatakan dukungan penuh terhadap pembentukan forum tersebut. Dirinya akan membantu melalui fraksinya di DPRD Kolaka untuk percepatan pemekaran tersebut yang juga dianggapnya layak segera dimekarkan ditinjau dari sejumlah aspek. Dia mengaku, dengan dimekarkan Samaturu juga bisa meningkatkan efisiensi pelayanan publik.

“Saya dukung penuh, nanti saya akan dorong melalaui fraksi Gerindra di DPRD Kolaka. Kalau aspek luas wilayah sangat layak, Samaturu sangat luas. Lalu Samaturu memang adalah satu-satunya wilayah kecamatan di Kabupaten Kolaka yang memiliki 17 desa dan 2 kelurahan, yang kecamatan lain itu paling tinggi hanya 10 desa. Jadi wajar dan sangat layak untuk dimekarkan,” ujarnya.

Laporan: Mirwan
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.