Tomat, Sayur atau Buah?

SULTRAKINI.COM: Siapa yang tidak tahu dengan tomat. Namun tak jarang di antara kita belum bisa membedakan tomat tergolong buah atau sayuran. Fakta menyebutkan bahwa tomat merupakan buah sekaligus sayuran.

Menurut Merriam-Webster, buah didefinisikan sebagai produk tanaman yang mengandung biji dan umumnya dapat dimakan. Definisi tersebut, apa pun yang tumbuh dari tanaman dan mengandung biji seperti apel, mentimun, cabai, labu, alpukat, dan lain sebagainya disebut buah. Tak terkecuali dengan tomat.

Sementara itu, sayuran didefinisikan sebagai bahan pangan yang berasal dari tumbuhan, biasanya memiliki kadar air tinggi. Sayuran tidak melulu berupa daun. Batang yang masih muda seperti rebung, bonggol umbi, lobak, dan wortel juga termasuk sayuran. Ada juga sayuran berupa bunga, misalnya kecombrang dan turi. Sayuran berupa biji misalnya buncis dan kacang-kacangan. Sayuran juga bisa berupa buah, misalnya tomat.

“Sebenarnya buah itu tidak harus memiliki rasa manis. Hanya saja, kebanyakan orang mengklasifikasikan buah masam seperti tomat itu sebagai sayuran,” kata Merriam-Webster, dilansir Business Insider, Selasa (29/5/2018).

 

Sumber: Kompas.com

beras pokea

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.