Topografi di Lokasi Longsor Gunung Jati Curam

  • Bagikan
La Awu, warga Kelurahan Gunung Jati saat membersihkan sisa-sisa puing rumahnya yang tertimpa longsor. (Foto: Rian Adriansyah/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Longsor di Kelurahan Gunung Jati, Kota Kendari Rabu (31/5) menyisahkan pilu bagi La Awu. Ia harus pasrah melihat sisa-sisa rumahnya yang amblas tertimpah longsor. Bahkan puing-puing bangunan rumah yang telah ditinggalinya sejak 1977, ikut menimpah rumah tetangga, Kamis (1/6/2017).

Beruntung saat kejadian, ia bersama enam orang anggota keluarganya berhasil selamat. “Lagi baring-baring kemarin siang, pas jam 11.00 tiba-tiba bunyi di samping kamar, ternyata sudah ditimpa tanah,” ungkap La Awu sambil menunjukkan titik longsor. 

Ia sempat menyelamatkan sejumlah barang dan dingungsikan ke rumah anak perempuannya tidak jauh dari kediamannya. Namun hujan terus mengguyur mengakibatkan tekanan tanah semakin mendorong dinding rumah hingga ambruk.

Topografi di kawasan Gunung Jati dipenuhi lereng curam. Tetapi warga masih mendirikan bangunan ditepi jurang.

Hingga saat ini La Awu masih menunggu bantuan berupa logistik dan bahan makanan lainnya dari pemerintah. 

“Saya numpang dulu di rumah anak perempuan saya ini, karena rumah sudah hancur,” pungkas La Awu yang sehari-hari bekerja sebagai buruh lepas di Pelabuhan Kendari. 

Laporan: Rian Adriansyah 

  • Bagikan