Tower Bank Sultra Sedot Lagi Anggaran

  • Bagikan
Plt Direktur Utama Bank Sultra, Abdul Latief. (Foto: Wa Rifin/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Pembangunan Tower Bank Sulawesi Tenggara memasuki penyelesaian tahap akhir dan masih membutuhkan anggaran Rp 40 miliar untuk pengerjaan interior dan eksterior gedung, serta tahap finishing.

Pelaksana tugas Direktur Utama Bank Sultra, Abdul Latief, mengatakan sebelumnya tower Bank Sultra ditargetkan resmi pada 2019, namun terdapat sejumlah kendala. Pihaknya kembali optimis bangunan 14 lantai itu bisa diresmikan pada tahun ini.

“Tahun 2020 akan diresmikan, tahap akhir pembangunan seperti desain interior, pengadaan inventaris, dan lain-lain membutuhkan dana Rp 40 miliar dan ini sudah diketahui oleh pemegang saham,” kata Abdul Latief, Kamis (27/2/2020).

Hingga kini pembangunan tower Bank Sultra menghabiskan anggaran Rp 116 miliar. Mengenai hasil audit dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Sultra sudah disampaikan kepada Gubernur Sultra Ali Mazi sebagai pemegang saham pengendali.

Kemudian ditindaklanjuti ke pihak Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan kontraktor sehingga bisa dilanjutkan proses pembangunannya.

“Hasil audit dari BPKP kemarin tidak ada masalah, jadi segera kita lakukan pengerjaan selanjutnya,” ujarnya.

Untuk diketahui Koordinator Pengawas Akuntan Negara Perwakilan BPKP Sultra, Kartini Lely mengaku hasil audit BPKP Sultra diketahui terdapat sejumlah temuan atau kejanggalan pada eksterior bangunan yang dibangun semenjak masa pemerintahan Nur Alam-Saleh Lasata itu. Namun, Kartini enggan membeberkan hasil temuan tersebut.

“Kalau temuan pastilah ada, tapi kan harus ada klarifikasi juga ke PPK-nya. Kalau temuannya apa nanti hasilnya-tanya ke pihak Bank Sultra saja karena kita tidak bisa mengespos apa-apa. Nanti kalau misalnya PPK-nya tidak bisa lakukan perbaikan yang kena denda, tapi kalau bisa yah dilakukan perbaikan,” ucap Kartini, Minggu (26/1/2020).

Laporan: Wa Rifin
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan