SULTRAKINI.COM: MUNA BARAT - Pemerintah Kabupaten Muna Barat (Mubar), melalui Dinas Lingkungan Hidup merencanakan pembangunan tempat pembuangan akhir sampah seluas 10 hektar di Desa Bungkolo, Kecamatan Barangka.

TPA di Desa Bungkolo Bakal Digenjot 2018
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Muna Barat, Al Imran. (Foto: Akhir Sanjaya/SULTRAKINI.COM)

Pembangunan nantinya menggunakan sistem Sanitary Landfill dari anggaran APBD senilai Rp 1,5 miliar. Rencana pengadaan lahan mulai dilakukan pada 2018. Sedangkan fisik dari TPA akan terealisasi pada 2019 mendatang. Pasalnya, pengadaan lahan sendiri masih dalam proses di Dinas Kehutanan Provinsi Sulawesi Tenggara.

"Sanitary Landfill adalah sistem pengelolaan (pemusnahan) sampah dengan cara  membuang dan menumpuk sampah di lokasi cekung, memadatkannya, dan kemudian menimbunnya dengan tanah," kata Kepala DLH Mubar, Al Imran, Jumat (22/12/2017).

Menurutnya, selain sampah dari pasar juga sampah rumah tangga akan diangkut untuk dibuang ke lokasi itu. Mengacu pada pemilihan lokasi TPA, kata dia, jauh dari pemukiman warga sehingga menghindari permasalahan sosial maupun kesehatan.

"Untuk truk sampah akan tiba pada 2018, yaitu dua unit dan satu unit mobil tangki air ditambah kendaraan roda tiga, yaitu viar. Dari sejumlah kendaraan ini akan diprioritaskan semua wilayah yang ada di Muna Barat. Kendaraan ini masih terbilang kurang, tetapi akan memaksimalkan dulu yang ada," jelas Al Imran.


Laporan: Akhir Sanjaya

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations