TPI Tomia Digenjot akan Menghasilkan PAD

  • Bagikan
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Wakatobi, Oktawinus. (Foto: Amran Mustar Ode/SULTRAKINI.COM)
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Wakatobi, Oktawinus. (Foto: Amran Mustar Ode/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: WAKATOBI – Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Wakatobi, Oktawinus mengatakan tempat pelelangan ikan (TPI) Kecamatan Tomia bakal beroperasi di tahun 2018 setelah dibangun sejak 2015 lalu.

“Saya pastikan tahun ini kita akan operasikan TPI yang ada di Kelurahan Osuku, Kecamatan Tomia, karena fasilitas utamanya sudah terpenuhi,” kata Oktawinus, Rabu (23/5/2018).

Dia mengaku, molornya operasi TPI akibat dari sejumlah fasilitas belum terpenuhi, seperti listrik dan air. “Kita sudah datangkan travo listrik berkapasitas 105 ribu watt, begitu pula dengan tiang listrik untuk menunjang instalasi listrik di TPI Tomia,” terang Oktawinus.

Ia memastikan dengan dioperasikan TPI Tomia, kebutuhan es para nelayan akan terpenuhi. “Bahkan nelayan tidak susah lagi menjual ikannya di pasar atau bawa di rumah karena akan di TPI, di sana sudah ada pembeli,” tambahnya.

Oktawinus meyakini dengan dioperasikan TPI tersebut Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pemda Wakatobi bakal meningkat drastis.

“Bayangkan saja kalau bisa menjual 400 biji es per hari dengan harga Rp 20 ribu per biji penghasilannya bisa Rp 8 juta sehari,dalam sebulan bisa Rp 240 juta,” ucapnya.

 

 

Laporan: Amran Mustar Ode
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan