SULTRAKINI.COM: Siapa yang tidak ingin memiliki bentuk tubuh proporsional? Oleh karenanya setiap orang, baik wanita atau pria rela diet dan olahraga mati-matian untuk memiliki tubuh yang kurus. Tentu saja hal ini bukan motivasi yang benar untuk hidup sehat. Malah bisa menyebabkan tubuh semakin kurus namun tidak sehat.

Tubuh terlalu kurus? Hati-hati dengan Ancaman Menopause Dini
Ilustrasi (foto : google)

Jadi, memiliki tubuh yang terlalu kurus nyatanya memang memberikan beberapa efek samping. Salah satunya menurut penelitian yang dilansir dari boldsky.com, mereka yang memiliki tubuh kelewat kurus, terutama bagi wanita, berisiko tinggi untuk kena menopause dini.

Untuk penelitian ini, para peneliti dari US Nurses' Health Study II melakukan tes pada 78.759 wanita di usia pra menopause yang berusia 25 sampai 42 tahun. Hasilnya ditemukan bahwa wanita yang memiliki massa tubuh atau BMI kurang dari 17,5 memiliki risiko untuk menopause dini sebesar 50 persen dibandingkan dengan mereka yang memiliki BMI 18,5 hingga 22,4. 

Lalu apa yang harus kamu lakukan agar kamu terhindar dari risiko ini? Perbanyaklah konsumsi sayur, buah, makanan tinggi kalsium sehat, serta kacang-kacangan. Sebab konsumsi makanan tersebut bisa membuatmu kenyang tanpa kamu perlu khawatir untuk mengalami kegemukan. Makanan ini juga kaya nutrisi yang dibutuhkan tubuh terutama dalam menjaga kesehatan hormonal untuk mengatur masa menopause dan menstruasi wanita. 


Sumber: Merdeka.com

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations