Tujuh Manfaat Buah Saat Hamil

SULTRAKINI.COM: Mengkonsumsi makan makanan sehat sangat dianjurkan untuk ibu hamil. Makanan paling dianjurkan adalah mengkonsumsi buah-buahan agar menutrisi si ibu dan janin. Apa saja sih manfaat buah-buahan saat hamil?

Dilansir dari Alodokter, buah sangat bermanfaat bagi ibu hamil. Sebab kandungan nutrisi dalam buah dapat mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin, sekaligus menunjang kesehatan ibu selama mengandung. Sumber karbohidrat, vitamin, mineral, hingga antioksidan dalam buah itulah yang baik bagi tubuh.

Pertama, Kandungan nutrisi dalam buah berperan penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh, sebab saat hamil tubuh rentan mengalami infeksi dan mudah sakit.

Kedua, ibu hamil rentan mengalami sembelit. Salah satu penyebabnya adalah peningkatan hormon progesteron yang mengakibatkan usus menjadi kurang aktif. Buah-buahan bisa menjadi solusinya lantaran kaya akan serat untuk memudahkan usus mengelolah dan menggerakan tinja di sepanjang usus hingga ke luar dari anus. Ibu hamil pun terhindar dari gangguan pencernaan.

Ketiga, saat hamil perubahan lonjakan hormon bisa menyebabkan ibu hamil mengalami mual dan muntah atau morning sickness. Agar mengurangi keluhan tersebut, buah-buahan misalnya lemon atau minuman perasa lemon dicampurkan dengan air mineral mampu meredahkannya.

Keempat, ibu hamil butuh nutrisi cukup termasuk vitamin dan mineral guna mendukung proses tumbuh kembang janin. Selain bisa diperoleh dari buah-buahan, bunda juga bisa mendapatkannya dari berbagai jenis sayur-sayuran.

Kelima, saat hamil tentu berat badan akan bertambah, ini wajar loh, bun. Tetapi kenaikkan berat badan yang berlebih juga membawa dampak buruk bagi kesehatan bumil dan janin. Porsi dan jenis makanan yang dikonsumsi harus diatur dengan baik.

Salah satu solusi untuk masalah satu ini, bumil bisa mengkonsumsi buah-buahan sebagai cemilan. Buah bisa memberikan rasa kenyang lebih lama sehingga membantu bumil terhindar memilih cemilan tidak sehat.

Keenam, ketika bumil mual dan muntah banyak mengeluarkan cairan tubuh. Jika tidak diimbangi dengan banyak meminum air, bumil bisa saja mengalami dehidrasi. Namun, sebagian bumil justru semakin mual jika banyak minum air.

Cara mengatasinya bisa dengan mengkonsumsi buah yang kaya kadar airnya, seperti semangka, jeruk, stroberi.

Ketujuh, saat hamil gangguan-gangguan kesehatan kadang ikut menghampiri. Kondisi ini ditandai dengan tekanan darah tinggi dan keberadaan protein di urine. Gangguan ini jangan disepelahkan sebab bisa membahayakan kehamilan.

Namun, terdapat sejumlah jenis buah bisa melindungi dari gangguan kesehatan bumil. Buah-buahan dan sayuran yang kaya vitamin C dan E dapat menurunkan risiko tersebut berkat efek antioksidannya.

Buah-buahan memang sangat menutrisi bumil dan kesehatan janin. Namun, perlu porsi yang cukup untuk mengkonsumsinya. Serta jangan lupa ya buah-buahannya dicuci sebelum dikonsumsi.

Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.