Tumpukan Sampah di Pasar Mekongga Kolaka Mulai Dibersihkan

  • Bagikan
Tumpukan sampah di kawasan Pasar Raya Mekongga Kolaka, Selasa (14/5/2019). (Foto: Dok.SULTRAKINI.COM)
Tumpukan sampah di kawasan Pasar Raya Mekongga Kolaka, Selasa (14/5/2019). (Foto: Dok.SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KOLAKA – Masalah sampah kembali meresahkan warga Bumi Mekongga, Kabupaten Kolaka. Tumpukan sampah menghiasi kawasan Pasar Raya Mekongga, tepatnya sudut bagian terminal barang.

Pantauan Sultrakini.com, Selasa (14/5/2019) pagi, sampah menghampar hingga meluber ke kolam-kolam bekas penggalian. Meski terdapat penampungan sampah dari bak kendaraan bekas, namun tidak mampu menampung volume sampah. Sebagian sampah terlihat masuk ke selokan yang mengarah ke laut berjarak beberapa meter saja dari lokasi itu.

Baunyapun amat menyengat. Warga yang melintasi pertigaan Jalan Dr Sutomo dan Jalan Dermaga Pelabuhan Ferry tidak jarang menutup hidung akibat tumpukan sampah.

Menurut salah seorang warga, FK (inisial), pemandangan tersebut sudah berulang kali terjadi. Selain merusak pemandangan, bau sampah mengganggu masyarakat.

“Sudah lama begini, petugas kebersihan biasa bersihkan, tapi tetap kembali menumpuk lagi. Jelas sangat bau kasian, apalagi kalau sudah kena hujan,” ujar warga yang meminta namanya diinisialkan.

Tak lama berada di lokasi itu, ‘pasukan kuning’ dari Badan Lingkungan Hidup dan Kebersihan (BLHK) tiba-tiba muncul. Terhitung ada tiga mobil kuning menuju ke titik pembuangan sampah tersebut. Sejumlah personel dan perlengkapan kebersihan nampak membersihkan tumpukan sampah.

Tumpukan sampah di kawasan Pasar Raya Mekongga Kolaka dibersihkan BLHK, Selasa (14/5/2019). (Foto: Dok.SULTRAKINI.COM)

Kedatangan mereka ternyata untuk mengangkut sampah tersebut. “Ini memang sudah kami rencanakan jauh-jauh hari dibersihkan, tapi karena armada kurang, baru hari ini kami sempat,” terang Petugas Kebersihan bernama Rustam.

Laporan: Zulfikar
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan