Tuntut Kepsek Dicopot, Siswa SMAN 1 Raha Demo Besar-besaran

SULTRAKINI.COM : MUNA – Ratusan pelajar SMAN 1 Raha demo kepala sekolahnya yang dianggap mengeluarkan kebijakan tidak rensponsif terhadap para siswa. Aksi berlangsung di Sekolah dan Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Muna itu mendapat pengawalan aparat kepolisian.

Para siswa dari kelas X, XI dan kelas XII tersebut menuntut 15 poin tuntutan, salah satunya pemberhentian jabatan Kepala SMAN 1 Raha, Drs. Muhiddin. Bahkan mereka kembali mengancam akan mogok belajar jika tuntutan tidak diindahkan.

Pantauan SultraKini.Com, Kabag Ops. Kompol. Arnaldo Fanbulow, SIK memimpin sekitar 80 personil gabungan pengamanan Polres Muna dalam aksi demonstasi itu.

Aksi pertama berlangsung di SMAN 1 Raha sempat dilakukan mediasi antar perwakilan massa dengan Muhiddin selaku Kepala sekolah di salah satu ruang kelas.

Namun tidak puas dari hasil pertemuan, massa kembali bergerak ke Kantor Dikbud Muna. “Jami berdiri di sini agar masyarakat tahu, bahwa kepsek kami tidak pernah memenuhi hak kami sebagai pelajar. Jangan bunuh bakat kami dengan kebijakan anda (Kepsek),” teriak Koordinator Lapangan, Laode Adrian Afrizal yang juga siswa di sekolah tersebut, Senin (3/04/2017).

Setibanya di lokasi kedua ini, Sekretaris Dikbud Muna, Ashar Dulu, menerima kedatangan para siswa. Pihaknya berjanji akan menindaklanjuti tuntutan ke Dikbud Sultra sebagai yang berwenang.

“Ini akan menjadikan bahan kami untuk segera laporkan ke provinsi. Dan selain itu kita berjanji besok akan melakukan mediasi dengan mendatangi sekolah untuk meninjau dan berdiskusi kepada siswa,” ucap Ashar.

Usai berdialog dengan pihak Dikbud Muna, para siswa membubarkan diri secara tertib dan kembali menjalankan aktivitas belajar di sekolah.

Laporan: Arto Rasyid

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.