UHO Datangkan Dokter dan Relawan Mahasiswa ke Palu

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Tim bantuan medis Fakultas Kedokteran Universitas Halu Oleo (UHO), rencananya mengirim relawan dan logistik ke Kota Palu, Sulawesi Tengah pada 4 Oktober 2018. Mereka nantinya menempuh perjalanan darat menuju lokasi bencana.

Sebanyak 13 relawan terdiri dari dua dokter spesialis anestesi dan orthopedi, lima dokter umum, enam mahasiswa dipersiapkan membantu korban gempa dan tsunami di Palu. Sejumlah logistik turut dibawa para relawan, seperti obat-obatan, makanan, air mineral hasil donasi kampus dan masyarakat.

“Dari awal memang kita berkomitmen memberikan bantuan medis jika ada bencana alam di Indonesia, terlebih kejadiannya di Palu yang memang sangat dekat wilayahnya dengan Sulawesi Tenggara, sudah tentu kami akan turun langsung,” ujar Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Kedokteran UHO, Dr. Ashaeriyanto, M.med. Ed, Selasa (2/10/2018).

Rencananya tim akan berada selama lima hari di Palu. Terkait sebaran tim di lokasi bencana mengikuti instruksi dari lokasi.

“Untuk masalah penempatan, di sana sudah pasti ada posko utamanya. Jadi pihak sana yang akan menentukan pemetaannya,” jelas Ketua Tim Media Fakultas Kedokteran UHO itu kepada SultraKini.Com.

yamaha

Awalnya keberangkatan tim dijadwalkan Minggu (30/9) dan Senin (1/10) sore, namun terkendala jalur darat yang tertutupi longsor di arah Poso menuju Palu, begitu juga ditutupnya jalur udara.

Ashaeriyanto menambahkan, satu dokter UHO telah bergabung ke Palu sebelumnya bersama tim dari Rumah Sakit Bhayangkara Polda Sultra.

Keterlibatan tim medis UHO terhadap daerah terdampak bencana pernah dilakukan, seperti gempa yang melanda Lombok, Nusa Tenggara Barat pada Agustus lalu.

(Baca: UHO Utus Tim Dokter Spesialis Bantu Korban Gempa Lombok)

Laporan: Linda Dwi Rahayu&Wa Kandi
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.