Pilkada koltim

UHO Perkenalkan Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Website di Masa Covid-19

Pembelajaran jarak jauh (PJJ) berbasis website merupakan media komunikasi interaktif alternatif di musim pandemi Covid-19. Hal itu diperkenalkan tim PKM Internal Universitas Halu Oleo (UHO) di Kota Kendari.

SULTRAKINI.COM: PKMI UHO menggelar pengabdian kepada masyarakat dengan judul “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Berbasis Website Sebagai Media Komunikasi Interaktif di Masa Pandemi Covid-19 di Kota Kendari”.

PKM dilaksanakan di SDIT Al Wahdah Kendari, Kamis (12 November 2020) dibuka Kepala Sekolah SDIT Al Wahdah, Slamat, S.Pd.

“Pandemi Covid-19 telah berdampak di berbagai aspek kehidupan manusia, termasuk aspek pendidikan. Selama masa pandemi, proses pembelajaran tatap muka di kelas ditutup hingga pandemi ini berakhir. Kondisi demikian mendorong kita melakukan pembelajaran jarak jauh,” kata Slamat.

Dia bersyukur karena Universitas Halu Oleo menjadikan sekolahnya sebagai mitra dalam kegiatan pembelajaran jarak jauh.

Dr. Zulfiah Larisu, M.Si, selaku ketua PKM ini mengatakan, agar proses pembelajaran terus berjalan, maka dibutuhkan perangkat pembelajaran jarak jauh berbasis website.

Perangkat pembelajaran ini didesain secara menarik, modern, dan interaktif sehingga memudahkan proses komunikasi antara guru dan murid.

Pilkada

Selain itu, melalui media pembelajaran berbasis website memudahkan orangtua murid dalam mengakses materi/informasi sebagai media kontrol dan pendampingan pembelajaran di rumah.

Materi pelatihan terbagi dalam dua sesi, yaitu sesi administrator kemudian dilanjutkan sesi untuk dewan guru.

“Tanpa terasa proses pelatihan berlangsung kurang lebih 4 jam, ini karena materi yang disampaikan sangat menarik dan memang ini kami butuh”, terang Muh. Saiful kepala Tata Usaha SDIT Al Wahdah Kendari.

Dr. Ambo Upe, S.Sos, M.Si, anggota tim PKMI dalam paparannya menyemangati para guru dan staf SDIT Al Wahdah. Dosen Sosiologi FISIP UHO ini menyampaikan teori sekaligus praktik pembelajaran berbasis website.

“Bapak dan Ibu tidak usah khawatir jika nanti ada proses yang dilupa, saya akan terus memberi pendampingan dan juga akan memberikan buku pedoman operasionalnya,” janjinya.

Pelatihan pengembangan perangkat pembelajaran jarak jauh berbasis website dirasakan berkontribusi positif khususunya bagi dewan guru.

Melalui PKM ini, guru dapat meningkatkan kapasitas penerapan Iptek dalam proses pembelajaran dengan mendesain materi yang menarik dan akses terbuka (open access) bagi publik.

Editor: M Djufri Rachim

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.