Ujian Nasional 2018, SMP di Kota Kendari Siap UNBK

  • Bagikan
Ketua Panitia Pelaksanaan Ujian Nasional Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kota Kendari, Makmur Tote. (Foto: Hasrul Tamrin/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Menghadapi ujian nasional tahun ajaran 2017/2018, semua Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara siap melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Hal tersebut dikatakan oleh Ketua Panitia Pelaksanaan UN Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Dikmudora) Kota Kendari, Makmur Tote saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (25/1/2018).

“Alhamdulillah tahun ini semua SMP dalam Kota Kendari siap menyelenggara UNBK. Padahal tadinya kita ditargetkan 70 persen paling minimal dan 100 paling maksimal,” ucap Makmur.

Meskipun sebagian harus meminjam, sambungnya, tidak semua SMP penyelanggara memiliki komputer yang lengkap. Tetapi, untuk mengatasi itu, pihaknya telah menjalin kerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sultra dalam pelaksanaan UNBK tahun ini.

“MoU kami dengan kepala Diknas Provinsi sudah ada. Nah, itu juga diikuti dengan MoU antar sekolah. Contohnya, SMPN 2 Kendari telah melakukan MoU dengan SMAN 9 Kendari. Jadi, SMAN 9 akan meminjamkan komputernya kepada SMPN 2 Kendari, begitupun sebaliknya, karena waktu pelaksanaan ujian antara SMP dan SMA berbeda,” ungkapnya.

Lebih lanjut, dirinya mengatakan sejauh ini Dikmudora tidak pernah melakukan pemaksaan agar sekolah menjadi peyelenggara UNBK. Tetapi semua itu berasal dari kemauan pihak sekolah.

“Kita tidak pernah memaksa sekolah. Jadi, pada saat kita melakukan sosialisi sebanyak dua kali, kita menyuruh semua sekolah membuat dan memasukkan kesiapaannya untuk mengikuti UNBK, nah ternyata semua membuat pernyataan ingin ikut UNBK,” jelasnya.

Berdasarkan data Dikmudora Kota Kendari, sebanyak 40 SMP negeri maupun swasta yang akan mengikuti UNBK. Sedangkan, dari 15 MTs yang ada di Kota Kendari, hanya dua sekolah yang belum siap mengikuti UNBK. Jumlah ini mengalami peningkatan. Pasalnya, tahun lalu hanya 10 sekolah mengikuti UNBK di Kota Kendari.

“Dari 40 SMP pelaksana UNBK, tercatat ada 24 sekolah yang akan bergabung dengan sekolah lain, sedangkan sisanya melaksanakan UNBK di sekolahnya masing-masing,” pungkasnya.

(Baca juga: Satu Sekolah di Mubar Siap UNBK 2018)

(Baca juga: Sultra Tempati Urutan 30 Pelaksana UNBK Tingkat SMP Sederajat)

Laporan: Hasrul Tamrin

  • Bagikan