SUARA

UMK Latih Warga Desa Labuan Beropa Buat Rumpon

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Dalam rangka upaya peningkatan ekonomi nelayan pancing dan bubu di Dusun Baho, Desa Labuan Beropa, Kabupaten Konawe Selatan, Tim pengabdian kepada masyarakat atau LPPM Universitas Muhammadiyah Kendari memberikan pelatihan kepada warga dalam pembuatan dan pemasangan rumpon ikan.

Ketua tim, Eddy Hamka, menjelaskan bahwa kegiatan berlangsung dari Juli 2020 hingga sekarang, pembuatan dan pemasangan rumpon ikan untuk membantu nelayan dalam meningkatkan hasil tangkapannya.

“Rumpon dasar merupakan salah satu alat bantu penangkapan ikan yang berfungsi untuk mengumpulkan ikan, khususnya jenis kerapu dan katamba, sehingga memudahkan nelayan untuk menangkap ikan,” jelas Eddy Hamka, Selasa(11/8/2020).

Lanjut Edy Hamka, setelah pemasangan empat unit rumpon dasar maka tahap selanjutnya adalah pembentukan koperasi usaha nelayan Dusun Baho Wadah memasarakan hasil tangkapannya secara lebih baik. 

yamaha

“Kegiatan ini terlaksana berkat adanya bantuan dari Kemendikbud yang telah memfasilitas terlaksana kegiatan ini,” tuturnya

Jafar salah seorang mitra kegiatan mengungkapkan, saat ini nelayan di Dusun Baho telah memanfaatkan Rumpon Dasar sebagai lokasi penangkapan ikan.

“Kami sangat berterima kasih kepada Universitas Muhammadiyah Kendari, yang telah membantu kami, sehingga untuk mencari ikan, kami tidak perlu lagi jauh mencari ikan, cukup dirumpon ini saja,” paparnya (C)

Laporan: Riswan
Editor: Habiruddin Daeng

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.