UMKM Bersinar Disosialisasikan, Pelaku Usaha Diharapkan Berkembang

SULTRAKINI.COM: WAKATOBI – Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja Kabupaten Wakatobi mensosialisasi UMKM Bersinar kepada ratusan pelaku usaha mikro dan kecil di wilayah setempat, Selasa (27/11/2018).

Acara yang diselenggarakan di Sanggar Budaya Wangi-wangi ini, menghadirkan pemateri dari Bank Pembangunan Daerah (BPD) Sultra, dan Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja Wakatobi.

Kepala Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja Wakatobi, La Ode Boa, mengatakan sosialisasi ini dilakukan agar para pelaku usaha mikro dan kecil dapat mengembangkan kemampuannya dalam berwirausaha.

“Sosialisasi ini dilakukan agar para pelaku usaha mikro dan kecil di Wakatobi dapat meningkatkan kemampuannya dalam mengelola usahanya,” ujar La Ode Boa.

Dikatakannya, saat ini jumlah usaha mikro di Kabupaten Wakatobi 5.381 usaha menyerap tenaga kerja 8.611 orang. Usaha kecil 438 usaha menyerap tenaga kerja 1.435 orang.

Sedangkan usaha menegah berjumlah 134 usaha menyerap tenaga kerja 604 orang. Sementara jumlah koperasi pada 2018, terdiri dari 17 koperasi unit desa, 54 koperasi serba usaha, 20 koperasi wanita, dan delapan koperasi nelayan.

Sekda Wakatobi, Muh. Ilyas Abibu, menjelaskan hampir tiga tahun UMKM Bersinar ini berjalan dan sesuai dengan harapan.

“Sekarang kita harus tancap gas, kalau dalam balap motor GP itu, kita harus tancap gas terus,” ucap Ilyas.

Ia berharap, pembentukan koperasi harus dengan semangat gotong royong sehingga anggarannya sebagian berasal dari anggota koperasi, pemerintah sifatnya hanya memberikan dana stimulasi saja.

Laporan: Amran Mustar Ode
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.