SUARA

UNBK SMP Sederajat di Kendari Dikawal 100 Proktor dan 57 Tenaga Teknisi

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kota Kendari menyiapkan 100 proktor dan 57 tenaga teknisi untuk mengawal Ujian Nasional Berbasis Komputer 2019. Jumlah tersebut sesuai jumlah sekolah tingkat SMP sederajat pelaksana UNBK.

Total 100 proktor atau orang yang bertanggung jawab mengendalikan server di sekolah ketika UNBK dan 57 tenaga teknisi dipersiapkan di Kota Kendari. Mereka merupakan para guru sekolah yang dilatih untuk tujuan tersebut beberapa minggu lalu.

Tugas mereka adalah mengoperasikan server agar soal ujian diakses peserta ujian. Sementara tenaga teknisi, membantu apabila terjadi gangguan teknis selama ujian. Misalnya, komputer peserta ujian tidak beroperasi. Standarnya, satu proktor dan satu teknisi menangani satu ruangan.

“Proktor tergantung dari jumlah server, jumlah siswa, jumlah ruangan juga (jumah proktor setiap sekolah berbeda-beda),” terang Ketua Panitia UNBK Dikmudora Kota Kendari, Makmur Tote, Rabu (13/3/2019).

yamaha

Meningkatnya jumlah peserta UNBK, lanjutnya mempengaruhi jumlah proktor dan tenaga teknis yang bertambah dibandingkan tahun sebelumnya.

Data Dikmudora, sebanyak 6.318 siswa menjadi peserta UNBK 2019.

“Harapan saya, (UNBK) terlaksana dengan baik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, bahkan kalau bisa lebih bagus. Insya Allah dijamin terlaksana dengan baik,” ucapnya.

Dilansir dari laman resmi unbk Kemdikbud, jadwal ujian nasional tingkat SMP sederajat, yakni 23 hingga 26 April 2019 dengan empat mata pelajaran yang diujiankan, berupa Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan IPA.

Laporan: Nely
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.