Unsur Pimpinan DPRD Baubau Dilantik Tepat di Hari Sumpah Pemuda

  • Bagikan
Pelantikan unsur pimpinan DPRD Baubau, Senin (28/10/2019). (Foto: Aisyah Welina/SULTRAKINI.COM)
Pelantikan unsur pimpinan DPRD Baubau, Senin (28/10/2019). (Foto: Aisyah Welina/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: BAUBAU – Rapat Paripurna dalam rangka pengucapan sumpah/janji ketua dan wakil ketua DPRD Kota Baubau periode 2019-2024 berlangsung di ruang sidang paripurna, Senin 28 Oktober 2019. Di momen ini, tiga unsur pimpinan definitif DPRD Kota Baubau dilantik yang bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda.

Berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Sultra Nomor 535 Tahun 2019 tentang Peresmian Pengangkatan Pimpinan DPRD Baubau Periode 2019-2024 tanggal 22 Oktober 2019, tiga pimpinan definitif DPRD Kota Baubau dilantik, yaitu Zahari sebagai Ketua, Kamil Adi Karim sebagai Wakil Ketua I, dan Nasiru sebagai Wakil Ketua II.

Wali Kota Baubau, AS Tamrin berharap penandatanganan sumpah janji dan resminya ketiga unsur tersebut dapat bekerja sebagaimana tugas dan fungsinya.

“Kami berharap antara ketua dan anggota dewannya bersatu dan melakukan perbaikan pemerintahan demi mewujudkan masa depan daerah yang sejahtera dan berbudaya,” ujar Tamrin.

Ketua DPRD Baubau, Zahari, mengatakan hubungan antara DPRD dengan Pemkot perlu ada transparansi, termasuk dalam hal anggaran.

“Sebagaimana UU 23 Tahun 2014, dinyatakan kedudukan antara eksekutif dan legislatif adalah mitra yang sejajar, ibarat sepasang suami istri perlu adanya keterbukaan dan transpansi antar pemerintah (eksekutif) dengan kami (legislatif), sehingga harapan-harapan dari masyarakat yang kami wakili bisa diwujudkan melalui program-program pemerintah,” ucap Zahari.

Proses pelantikan unsur pimpinan DPRD Baubau turut dihadiri anggota DPRD, Forkopimda, dan jajaran SKPD.

Laporan: Aisyah Welina
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan