Upacara Hardiknas, Bupati Konkep Teteskan Air Mata

SULTRAKINI.COM : KONKEP – Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) berlangsung haru. Air mata bupati Konkep, Amrullah tak terbendung saat mendengar pembacaan doa yang dibawakan KUPTD Dikbud Wawonii Barat, Drs Abdul Rahman.

 

Lantunan doa yang dibacakan bersinggungan dengan dunia pendidikan Konkep yang masih jauh dari harapan pemerintah. Amrullah bertindak sebagai pembina upacara terlihat tegak, namun tak bisa menahan kedua tangannya menyapu air matanya yang keluar menetes di pipi.

 

Terik panas menyengat mengiringi upacara Hardiknas yang diselenggarakan di lapangan tempat penampungan ikan (TPI). Upacara ini diikuti pelajar SD, SMP, SMA/SMK serta unsur pegawai Konkep. Mobil ambulans milik RSUD Konkep yang bersiaga ditempat tersebut, terlihat sekali mengantar pelajar SD yang mulai lemah fisiknya karena tidak kuat lagi mengikuti upacara.

 

yamaha

Bupati Konkep, Amrullah yang ditemui usai upacara mengatakan tidak bisa menahan rasa harunya hingga meneteskan air mata saat pembacaan doa. \”Saya prihatin dengan dunia pendidikan di daerah ini yang sejak dahulu begitu terbelakang. Saya terharu, saat menyinggung tingkat kesejahteraan guru honorer jauh dari hidup layak, saya meneteskan air mata yakni terbesit dalam ingatan, apakah amanah masyarakat ini bisa dipikul atau pertanggjawabkan dan saya emban dengan baik karena hal kepemimpinan saya ini akan diminta pertanggungjawaban di dunia dan akhirat,\” terangnya.

 

Olehnya itu, alumni master tehnik sipil UGM ini menghimbau kepada semua pimpinan SKPD dan para abdi negara harus memiliki integritas dan kepedulian terhadap kinerjanya demi menggenjot percepatan pembangunan.

 

Kemudian, terkait minimnya tenaga pengajar dan kondisi sekolah yang masih memerlukan pembangunan, Pemda sudah dalam pemetaan dinas terkait. \”Ke depan kami berharap semua guru honorer mendapat gaji standar upah minimum regional (UMR). Saya menghimbau kepada para guru agar meningkatkan kinerja dan kepuduliannya terhadap anak didiknya. Khusus kepada semua pelajar agar jangan bersifat malas dalam menempuh pendidikan tetapi mesti semangat menempuh pendidikan,\” tukasnya.

 

Sayangnya, pada upacara peringatan Hardiknas ini, tidak dihadiri satupun anggota dewan Konkep yang hadir. Sekretaris Dewan (Sekwan), Awaluddin mengatakan bahwa 20 anggota dewan sedang ada tugas luar. \”Mereka lagi tugas luar,\” ujarnya tanpa mengomentari lebih.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.