Upacara Pelepasan Iringi Pemulangan Jenazah Prajurit TNI Asal Kendari

  • Bagikan
Pelepasan jenazah TNI korban Heli MI-17. (Foto: Suara.com)

SULTRAKINI.COM: Pelepasan jenazah prajurit TNI asal Kota Kendari, Sulawesi Tenggara bersama tiga jenazah prajurit TNI lain korban Heli MI-17 berlangsung pada Selasa (18/2/2020) siang. Keempat jenazah ini akan diterbangkan ke kampung halaman masing-masing.

Keberangkatan jenazah Pratu Risno beserta Serda Ikrar Setia Nainggolan, Pratu Yanuarius Leo, dan Prada Sujono dilakukan usai upacara pelepasan yang dipimpin oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto sekaligus memberi penghormatan terakhir kepada prajurit yang gugur akibat kecelakaan heli milik TNI AD tersebut.

Jenazah Pratu risno akan dipulangkan ke Kota Kendari, Sulawesi Tenggara; jenazah Ikrar Setia Nanggolan dipulangkan ke Sorong, Papua Barat; jenazah Yanuarius Loe dipulangkan ke Kupang, Nusa Tenggara Timur; serta jenazah Sujono dipulangkan ke Ambon, Maluku.

(Baca: Jatuhnya Heli MI-17 Menewaskan 12 Prajurit TNI, Satu Orang Asal Kendari)

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Argo Yuwono, menungkapkan jika pelepasan ke empat Jenazah TNI itu juga di hadiri oleh Jenderal Pol Idham Aziz Idham Aziz.

“(Kapolri) menghadiri upacara pelepasan empat jenazah korban MI-17 di Hanggar Base Ops Lanud (Silas Papare) Jaya Pura,” ucap Brigjen Argo Yuwono dalam keterangan tertulisnya.

Sebelum pelepasan ke empat prajurit TNI yang gugur, Panglima TNI didampingi oleh kapolri mendengarkan laporan mengenai perkembangan Tim Evakuasi Heli MI-17 dari Komandan Satgas Evakuasi terhadap 12 korban jatuhnya heli, yaitu Danrem 172/Praja Wira Yakhthi Kolonel Inf. J. Binsar Parluhutan.

Korban Heli MI-17 totalnya 12 orang. Pemulangan para korban dilakukan dua tahap, yaitu 17 Februari dan 18 Februari. Tahap pertama sebanyak delapan korban dipulangkan dan dilepas oleh Panglima Gabungan Wilayah Pertahanan III Letjen Ganib Warsito. Kedelapan jenazah ini dipulangkan dengan tujuan Semarang, Jawa Tengah sebanyak tujuh jenazah dan satu jenazah tujuan Surabaya, Jawa Timur.

Usai pelepasan keempat jenazah korban Heli MI-17, Panglima TNI dan Kapolri melanjutkan kunjungan kerja ke Timika, Kabupaten Mimika, Papua.

Sumber: Okezone.com
Laporan: Nurul Sadrina Sari
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan