Pilkada koltim

Upaya Cerdaskan Anak Bangsa, Perpustakaan Modern Bakal Dibangun di Kendari

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Upaya meningkatkan minat baca masyarakat dan tercapainya generasi bangsa yang cerdas, Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara akan membangun perpustakaan modern bertaraf internasional.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayan (Dikbud) Sultra, Asrun Lio mengungkapkan, begitu dilantik sebagai gubernur Sultra, duet Ali Mazi dan Lukman Abunawas punya tiga program prioritas utama pada periode pertama.

“Gubernur bersama wakilnya berpikir tentang bagaimana mencerdaskan anak bangsa, salah satunya adalah lewat pembangunan perpustakaan modern sebagai upaya menumbuhkan daya minat baca anak,” terang Asrun, Jumat (26/7/2019).

Rencananya, perpustakaan modern ini tidak hanya menjadi pusat baca bagi masyarakat, perpustakaan yang akan dibangun delapan lantai itu diproyeksikan menjadi wisata edukasi.

Pilkada

“Pak gubernur membangun perpustakaan modern ini nanti tidak hanya terdiri dari koleksi buku-buku, tetapi perputakaan yang setiap pengunjungnya merasa nyaman untuk belajar dan menggali nilai-nilai yang lain, juga tersedia akses referensi-referensi yang sulit dan perputakaan ini berbasis net,” jelasnya.

Pembangunan perpustakaan modern ini dianggarkan melalui APBD pada 2018 akan ditunjang berbagai fasilitas memadai, seperti ruang belajar yang luas, jaringan internet, serta upgred buku yang berasal dari dalam ataupun luar negeri setiap tahun.

Pelaksanaannya ditargetkan pada akhir Juli 2019 bersamaan dengan pembangunan RS Jantung. Kedua mega proyek ini dibangun di gedung eks Taman Budaya Provinsi Sultra Jalan Abunawas, Kelurahan Korumba, Kecamatan Mandoga, Kota Kendari.

Laporan: La Niati
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.