Update Bencana Konut: 8.489 Pengungsi, Puluhan Sarana Publik Terendam Banjir

SULTRAKINI.COM: KONAWE UTARA – Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Pemkab Konawe Utara, dan Tim SAR hingga 17 Juni 2019, total pengungsi 2.207 KK atau 8.489 jiwa tersebar di beberapa kecamatan wilayah setempat.

Kabupaten Konut memiliki 13 kecamatan, tujuh di antaranya banjir dengan sebaran di 46 desa dan empat kelurahan.

Ketujuh kecamatan terdapak itu, yakni Asera, Andowia, Oheo, Landawe, Langkikima, Wiwirano, dan Motui. Akibatnya, 370 rumah warga hanyut terbawa banjir, serta 1.837 rumah dan lima bangunan terendam banjir.

“Ini data update untuk hari ini, kami terus melakukan pendataan, jika masih ada warga belum dimasukkan datanya,” jelas Kepala BPBD Konut, Rahmatullah, Senin (17/6/2019).

Data itu juga menunjukkan, empat jembatan tidak dapat diakses dan satu ruas jalan trans Sulawesi putus. Banjir juga merendam empat puskesmas, tiga puskesmas pembantu, dan satu gudang obat puskesmas.

Sarana dan prasarana publik terendam banjir lainnya, seperti tiga pasar tradisional, sepuluh bangunan SD, tiga bangunan SMP, dan 17 bangunan TK.

Kerusakan akibat banjir di sektor pertanian dan perkebunan, tercatat 970,3 hektare sawah, 83,5 hektare jagung, 420 hektare tambak, dan lainnya seluas 11 hektare.

Laporan: Arifin Lapotende
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.