Usai Pelantikan, Kery-Gusli Jalani Ritual Mombesara dan Pulang Naik Sisingaan

SULTRAKINI.COM: KONAWE – Prosesi pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa dan Gusli Topan Sabara berlangsung khidmat di Aula Bahteramas, Kantor Gubernur Selawesi Tenggara, Senin (24/9/2018). Pelantikan dilakukan berbarengan dengan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Baubau oleh Gubernur Sultra Ali Mazi.

Usai pelantikan, Kery dan Gusli langsung menuju pelataran aula. Di sama mereka telah disambut dengan tokoh adat Konawe. Mereka pun langsung mengambil tempat untuk menjalani ritual Mombesara atau biasa dikenal sebagai ritual penerimaan adat.

Ritual hanya berlangsung beberapa menit saja. Selanjutnya, kepala daerah periode 2018-2023 itu langsung naik Sisingaan (biasa disebut singa Depok, red). Keduanya ditandu dan di arak oleh rombongan warga Konawe.

Kery-Gusli dalam acara Mombesara, Senin (24/9/2018). (Foto: Mas Jaya/SULTRAKINI.COM)
Kery-Gusli dalam acara Mombesara, Senin (24/9/2018). (Foto: Mas Jaya/SULTRAKINI.COM)

Setelah itu, Kery-Gusli langsung naik mobil pawai. Satusan kendaraan turut menyertai keduanya dalam perjalanan pawai dari Kendari hingga ke Konawe.

Di Konawe, rombongan pawai kemudian menuju ranch (kandang sapi milik bupati, red) yang terletak di Kecamatan Amonggedo. Di sana, Bupati dan Wakil Bupati Konawe bersama ribuan warga langsung menggelar doa syukuran.

Malamnya, acara dilanjutkan dengan malam ramah taman. Acara tersebut turut dimeriahkan oleh salah satu artis D’Academy.

Jika tak ada aral, hari ini (25/9/2018) diagendakan serah terima jabatan dari Penjabat Bupati Konawe, Tasman Taewa kepada Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa dan Wakilnya, Gusli Topan Sabara. Selanjutnya, DPRD Konawe bakal menggelar rapat paripurna terkait hal tersebut. Paripurna akan dipimpin langsung Ketua DPRD Konawe, Ardin. (adv)

Laporan: Mas Jaya
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.