Pilkada koltim

USN Kolaka Tingkatkan Mutu Jurnal Elektronik

SULTRAKINI.COM: MAKASSAR – Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka, terus meningkatkan mutu pengelolaan jurnalnya. Salah satunya dengan mengutus tiga wakilnya mengikuti pelatihan penerapan aplikasi jurnal elektronik yang diselenggarakan Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, di Ruang Pertemuan Pascasarjana Univesitas Hasanuddin Makassar, Kamis (6/7/2017).

Kegiatan ini dihadiri oleh kampus-kampus di wilayah timur Indonesia, USN Kolaka diwakilkan pada tiga pengelola jurnal yakni Roslina, Fernandes Arung, dan Sarmadan. 

Wakil Rektor IV Unhas, Prof. Budu dalam sambutannya sangat mengapresiasi kegiatan ini. “Pelatihan ini sebagai realisasi dari harapan-harapan kampus di timur Indonesia untuk mendorong publikasi sebanyak-banyaknya. Artikel-artikel internal maupun eksternal dapat dimediasi dengan hadirnya jurnal. Sebab cara terbaik untuk menjadi World Class Universiti yaitu publikasi nasional lebih-lebih internasional,” ungkap Prof. Budu.

Kasubdit Pengelolaan Kekayaan Intelektual Kemenristekdikti, Suwitno mengungkapkan, bahwa kebutuhan akan jurnal yang telah terakreditasi dengan hadirnya Permenristekdikti Nomor 20 tahun 2017 sangat besar, tanggung jawab atas pembinaan jurnal-jurnal akan dikuatkan.

Pilkada

“SINTA akan menjadi jalan keluar bagi dosen dalam mengantisipasi pemotongan/penghapusan tunjangan kehormatan atas publikasinya yang masuk di SINTA. Dosen wajib mendaftar di SINTA,” ungkap Suwitno. 

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa saat ini program magister dan doktor yang akan menyelesaikan studinya wajib publikasi jurnal nasional dan internasional terakreditasi/bereputasi. Persoalan yang mengganggu adalah banyak artikel yang berkualitas, tetapi jurnal yang terakreditasi/bereputasi nasional kurang tersedia. 

“Ini memang yang harus kita pikirkan solusinya. Rencananya tahun depan 50 miliar akan dikucurkan oleh Kemenristekdikti untuk pengelolaan jurnal di Indonesia, termasuk pendampingan kepada jurnal-jurnal yang tersebar di seluruh kampus. Oleh karena itu, kegiatan pelatihan ini merupakan upaya meminimalisir hambatan-hambatan,” imbuh Kasubdit.

Saat ini, kata salah satu pengelola Jurnal USN Kolaka, Sarmadan, kampusnya telah menunjukkan eksistensinya dalam pengelolaan jurnal. Terbaru tiga jurnal terbit di periode Juni 2017, yakni Journal of English Education, Journal of Indonesian Language Education and Literary, dan Journal of Mathematic Education.

“Rencananya tahun 2018 jurnal yang ada di Universitas Sembilanbelas November Kolaka akan didaftar untuk akreditasi nasional,” katanya kepada SULTRAKINI.COM, Kamis (6/7/2017).

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.