SULTRAKINI.COM: KONAWE KEPULAUAN - Gerakan anak muda dalam berkreasi tak selalu terkendala biaya, seperti komunitas pecinta motor Vixion Anoa Club (VAC) chafter Konawe Kepulauan (Konkep), Sulawesi Tenggara. Sebagai bentuk peduli lingkungan, para anak muda ini melakukan aksi sapu bersih sampah plastik di pantai Kampa sejak 16-17 Desember 2017.

Vixion Anoa Club Peduli Pantai Kampa Wawonii
Motor Vixion Anoa Club (VAC) chafter Konawe Kepulauan (Konkep), Sultra. (Foto: Aldi Dermawan/SULTRAKINI.COM)

Selain bersih-bersih pantai, sejumlah tong tempat sampah sengaja dibuat untuk mengurangi pencemaran lingkungan pantai. Mereka juga memasang baliho himbauan untuk tidak membuang sampah sembarangan.

"Pantai Kampa memiliki keindahan berupa hamparan pasir yang memukau mata,  kemudian dibagian daratnya masih hijau, namun sayangnya perilaku pengunjung merusak penglihatan mata kita karena tumpukan sampah. Kami bergerak membersihkan pantai ini atas dasar peduli keindahan pantai, pantai ini menjadi ikon daerah yang dinikmati banyak orang," kata Ketua VAC Konkep, Nanang Sofyan, Minggu (17/12/2017) yang mengaku aksi bersi pantai bagian dari perayaan ulang tahun club VAC ke-2.

Dia mengaku, sampah sisa pengunjung tak jarang merusak keindahan pantai, seperti sampah plastik, bekas pembakaran ikan, dan kayu-kayu besar di kawasan pantai. "Kami berharap jangan lagi buang sampah sembarang, kami juga sudah siapkan bak sampah dan ada himbauan kesadaran berupa spanduk," tambah Nanang. 

Para Bikers ini juga menyediakan cat warna-warni demi mempercantik jalan stapak dan tangga jalan. Hari kedua kegiatan, para bikers yang beranggotakan 30 members ini menghabiskan waktu mengadakan games. Kegiatan sosial para pecinta motor ini menggunakan anggaran kas club dan sumbangan pribadi para bikers.


Laporan: Aldi Dermawan

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations