SUARA

Wabah Covid-19 Ancam Pendapatan Daerah Melalui Sektor Pariwisata Buteng

SULTRAKINI.COM: BUTON TENGAH – Mewabahnya Covid-19 berakibat pada terancamnya pendapatan daerah melalui sektor pariwisata Buton Tengah, Sulawesi Tenggara. Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Buteng, Wuhuddin, menilai pendapatan di sektor ini berpotensi tidak mencapai target 10 persen tahun ini.

“Harusnya target kita itu biasanya bisa sampai 10 persen per bulan atau perminggunya itu Rp 5 juta, hanya sepertinya tidak akan terpenuhi untuk tahun ini,” terang Wuhuddin, Selasa (14/4/2020).

Menurut Wujuddin, penutupan destinasi pariwisata sejak 16 Maret 2020 berdampak pada pendapatan daerah yakni bersumber dari retribusi yang diberlakukan di setiap objek wisata yang dikelola oleh Pemda.

Berdasarkan data grafik yang diperoleh pada 2019, harusnya pendapatan yang masuk dari sektor wisata tersebut setiap minggunya bisa mencapai Rp 5 juta, namun Covid-19 membuat pendapatan tahun ini keluar dari target.

yamaha

Selama ini, destinasi wisata andalan Buteng adalah Pantai Katembe, Pantai Mutiara, wisata gua di Gumanano termasuk sejumlah pariwisata yang dikelola oleh desa.

Tidak hanya pariwisata, wabah Covid-19 berimbas pada pembatalan sejumlah agenda dinas pariwisata setempat.

“Beberapa kegiatan fisik dan beberapa event yang harusnya digelar bulan Juni dan Juli tahun ini terpaksa kita batalkan karena intruksi dari pusat juga,” jelasnya.

Meski demikian, pihaknya tetap optimis dan berharap pandemi Covid-19 segera berakhir. Termasuk akan mengantisipasi membludaknya jumlah pengunjung pasca-Covid-19. Misalnya, menjaga kebersihan dan pengelolaan wisata.

Laporan: Agusrianto
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.