Pilkada koltim

Wabup Konawe Terima 27 Mahasiswa KKN Tematik UHO

SULTRAKINI.COM: KONAWE – Perang melawan virus korona (Covid-19) diperlukan keterlibatan semua pihak. Salah satunya, peran mahasiswa dalam mengedukasi masyarakat terkait cara pencegahan penularan Covid-19. Hal itu ditunjukan pihak Universitas Haluoleo (UHO) yang mengutus 27 mahasiswanya ke Konawe untuk membantu pemerintah kabupaten (pemkab) menyosialisasikan pencegahan wabah tersebut. Selasa (30/6), 27 mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik UHO itu diterima langsung oleh Wakil Bupati Konawe Gusli Topan Sabara di Aula Kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Konawe.

Wakil Bupati Konawe, Gusli Topan Sabara, mengatakan para mahasiswa KKN Tematik UHO itu sudah pasti akan berinteraksi langsung dengan warga Konawe dalam kaitan penyuluhan pencegahan pandemi.

Makanya, Gusli mengingatkan agar para mahasiswa UHO itu mengedepankan protokol pencegahan Covid-19 saat melakukan pengabdian kepada masyarakat di Konawe.

Selain mengedukasi warga, mantan Ketua DPRD Konawe itu berharap, 27 mahasiswa itu bisa mengaplikasikan ilmu yang mereka dapat selama duduk di bangku perkuliahan.

“Atas nama pemkab Konawe, hari ini (kemarin, red) kami terima 27 mahasiswa KKN Tematik UHO. Mudah-mudahan, adik-adik mahasiswa bisa mengedukasi masyarakat kita. Utamanya dalam rangka pencegahan Covid-19,” pinta Gusli Topan Sabara didampingi Kadis Kesehatan Konawe, Mawar Taligana.

Pilkada

Ditempat yang sama, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) mahasiswa KKN Tematik UHO di Konawe, NS Haryati menjelaskan, tahun ini UHO mengusung tema terkait penanggulangan Covid-19 bagi mahasiswanya yang melakukan program pengabdian kepada masyarakat.

Ia menyebut, peserta KKN Tematik UHO tak cuma di turunkan di Konawe saja melainkan merata di 17 kabupaten/kota se-Sultra. 

“Untuk di Konawe ada 27 mahasiswa. Kegiatan ini berlangsung selama 30 hari hingga tanggal 13 Juli. Sebab, sebenarnya kita sudah mulai kirim para mahasiswa dari 15 Juni kemarin,” ungkap Haryati.

Ia memastikan, para mahasiswa KKN Tematik UHO itu akan berinteraksi bersama warga dengan tetap mematuhi prosedur penanganan Covid-19 lewat koordinasi dengan Dinkes dan gugus tugas Covid-19 Konawe. Belum lagi, saat ini ada enam kecamatan di Konawe yang berstatus zona merah pandemi. Lanjutnya, ada lima program kerja mahasiswa KKN Tematik UHO selama di Konawe. Yakni, kegiatan edukasi, pencegahan Covid-19 dan tatanan new normal, kegiatan pendistribusian masker, distribusi disinfektan dan Hand Sanitizer, pembuatan sarana cuci tangan, serta pendistribusian alat pelindung diri (APD) bagi tenaga kesehatan.

“Meskipun kami tidak standby di posko Covid-19 Konawe, kita tetap koordinasi dengan pemkab dan mematuhi protokol kesehatan. Kami civitas akademika UHO mengucapkan terimakasih kepada pemkab Konawe yang sudah bersedia dan memfasilitasi adik-adik peserta KKN Tematik UHO tahun 2020,” pungkas NS Haryati. 

Laporan: Ulul Azmi
Editor: Habiruddin Daeng

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.